Ciri-Ciri Sejarah, Meramal Pengetahuan Generasi Masa Depan

Ciri-Ciri Sejarah, Meramal Pengetahuan Generasi Masa Depan

Generasi masa depan akan melihat kembali peristiwa-peristiwa penting masa kini. Kenali ciri-ciri sejarah, kalian bisa meramalkan apa yang akan dipelajari di waktu yang akan datang.

Selama mengenyam pendidikan, kita tahu bahwa beberapa peristiwa penting di masa lalu tercatat dalam buku sejarah. Peristiwa-peristiwa ini begitu penting, sehingga untuk mengetahui apa yang terjadi pada masa sekarang, kita harus kembali membaca kejadian-kejadian pada hari itu.

Semisal tentang peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia. Negara bangsa Indonesia yang berdaulat pada masa sekarang tak bisa lepas dari perjungan merebut kemerdekaan yang dipatenkan dengan Proklamasi Kemerdekaan olah Presiden Sukarno dan Mohammad Hatta.

Proklamasi Kemerdekaan. (kangone.blogspot.com)

Kalau kembali ke waktu saat ini, kira-kira kalian bakal bertanya-tanya nggak apa saja peristiwa yang akan dicatat dalam buku sejarah generasi masa depan. Semisal apakah kasus hoaks yang menimpa salah satu kubu politik nasional akan tetap dikenang masyarakat Indonesia?

Untuk itu kalian terlebih dahulu kalian harus memahami apa itu ciri-ciri sejarah. Bagaimana sebuah peristiwa dianggap istimewa sehingga anak cucu kita nanti harus mempelajarinya.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Secara umum, definisi sejarah adalah semua peristiwa masa lampau yang dapat membantu manusia untuk memahami perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang dan juga pada masa yang akan datang. Selain itu, unsur-unsur sejarah juga meliputi ruang dan waktu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"