Ciri-ciri Khas Suku Dayak yang Belum Banyak Diketahui, Nomor 5 Bikin Terpesona

Ciri-ciri Khas Suku Dayak yang Belum Banyak Diketahui, Nomor 5 Bikin Terpesona

Suku Dayak asal Pulau Kalimantan merupakan salah satu suku yang memiliki ciri khas berbeda dibandingkan suku-suku lain di Indonesia. Ciri khas suku Dayak ini bisa terlihat jelas dari beberapa simbol hingga kebiasaan-kebiasaan yang biasa mereka lakukan secara turun-menurun. Berikut ini adalah beberapa ciri suku Dayak.

1. Koleksi Tato

Suku Dayak khususnya pria Dayak memiliki tato di tubuhnya. Tato memiliki makna yang dalam karena tak hanya sekedar hiasan tubuh saja. Bagi masyarakat Dayak, tato adalah bentuk tradisi, seni, religi, dan status sosial.

Dalam memilih tato jangan asal memilih karena harus memiliki makna dan arti yang sesuai dengan kehidupan masyarakat Dayak yakni keabadian dan terang. Semakin banyak tato malah membuat mereka terlihat semakin terang dan berkharisma.

Suku Dayak Memiliki Banyak Tato (MerahPutih)

2. Dekat dengan Mistis

Suku Dayak khususnya yang tinggal di pedalaman Kalimantan sejak zaman nenek moyang mereka sampai sekarang dekat dengan dunia mistis. Salah satu prosesi atau ritual mistis yang paling terkenal adalah Manajah Antang. Manajah Antang adalah cara suku Dayak saat mengetahui keberadaan musuh mereka lewat bantuan arwah nenek moyang.

3. Tinggal di Rumah Betang

Suku Dayak masih banyak yang tinggal di rumah adat yang bernama Rumah Betang. Rumah Betang memiliki arsitektur yang mirip dengan Rumah Panggung, rumah adat khas Jambi. Rumah Betang memiliki ketinggian setinggi 5 meter di atas permukaan tanah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"