Cincin Raja Sulaiman, Bentuk dan Makna Sebagai Benda Jimat yang Melegenda

Cincin Raja Sulaiman, Bentuk dan Makna Sebagai Benda Jimat yang Melegenda

Jimat masih dikenal sampai sekarang sebagai benda yang memiliki kekuatan magis tertentu. Biasanya berbentuk barang dengan kekugaan yang beragam.

Cincin Raja Sulaiman juga dipercaya sebagian orang sebagai jimat yang punya kemampuan khusus. Di cincin itu ada smbol-simbol yang susah dipahami apa maknanya. Apa sih yang dimaksud cincin Sulaiman ini?

Simbol dalam benda atau jimat juga ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan nusantara gengs. Sebuah manuskrip memperlihatkan adanya dokumen yang ditulis mirip seperti rajah (azimat), berupa tulisan arab yang disertai simbol-simbol tertentu.

Manuskrip pustaha (blogs.bl.uk)

Hal ini muncul dalam teks-teks Islam dari seluruh kepulauan Melayu. Dalam manuskrip Batak dari Sumatera Utara yang ditulis di atas kulit pohon kemudian dilipat dengan gaya akordeon dikenal dengan sebutan pustaha.

Berisi teks tentang ramalan dan mantra, dan disusun oleh dukun yang dikenal di Batak sebagai datu. Banyak pustaha berisi diagram magis dengan tinta merah dan hitam. Simbol yang sering muncul dalam buku-buku Batak ini adalah desain dua kotak yang tumpang tindih, yang lebih kecil diputar 45 derajat dan diatur di dalam yang lain, dengan delapan sudut melingkar.

Bujur sangkar tegak disebut bindu matoga, dan bindu matogu yang diagonal. Di beberapa pustaha simbol ini ditampilkan melingkupi kura-kura, dan dikelilingi oleh ular.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"