CIMON, Robot Cerdas dan Lucu Untuk Membantu Astronot ISS

CIMON, Robot Cerdas dan Lucu Untuk Membantu Astronot ISS

Masih ingat robot yang membantu Tony Stark di film Iron Man bernama J.A.R.V.I.S. kan? Robot dengan kecerdasan buatan ini berperilaku hampir seperti manusia. Ia bisa berpkir, merespon omongan, hingga membantu pekerjaan Iron Man. Di dunia nyata juga ada lho robot yang mirip dengan J.A.R.V.I.S..

dlr.de

Robot tersebut bernama CIMON. Nama ini adalah singkatan dari Crew Interactive Mobile Companion. Robot ini dibangun oleh perusahaan kedirgantaraan Airbus. Fungsinya memang untuk membantu astronot yang sedang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

CIMON berbentuk hampir bulat penuh dan berbobot hanya 5 kilogram. Robot ini dilengkapi kecerdasan buatan (AI) dan beberapa perangkat lain yang membuatnya bisa melihat, berbicara, mencerna percakapan, dan bahkan membuat lelucon. Saat ini CIMON sedang menjalani uji coba di Bremen, Jerman.

airbus.com

Bentuk CIMON yang seperti ini dirancang agar mudah bergerak di ruang tanpa gravitasi. Sensor jarak antar obyek dan motor kecil di badan CIMON akan merespon lingkungan sekitar. Sehingga ia tidak akan berbenturan dengan benda maupun astronot di dalam ISS.

CIMON nanti akan memandu Astronot Alexander Gerst tahap demi tahap untuk sejumlah eksperimen di luar angkasa. CIMON juga akan merekam video serta suara yang nantinya akan digunakan sebagai data unit analisis. Hebatnya CIMON bisa menciptakan lelucon tersendiri, dengan layarnya ia bisa menampilkan ekspresi muka yang lucu. Bahkan CIMON bisa mengenalkan diri sebagai R2D2, robot dari film Star Wars. 

Ah ternyata bukan J.A.R.V.I.S. saudara dari CIMON.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"