Cegah Diabetes hingga Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 7 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Cegah Diabetes hingga Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 7 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Banyak orang suka minum air kelapa muda. Selain menyegarkan, air kelapa muda diklaim punya banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mencegah diabetes hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Nggak cuma menghilangkan dahaga, air kelapa juga mengandung gula, tapi kandungan gula ini lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah. Kandungan utama air kelapa tersusun atas elektrolit, mineral, dan vitamin. Bukan cuma itu, ada juga kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa.

Berikut ini 7 manfaat air kelapa bagi kesehatan. Simak, ya!

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat air kelapa muda diduga baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena air kelapa muda memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan (KlikDokter)

2. Bersifat Antioksidan

Dikutip dari Healthline, air kelapa muda mengandung antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan yang terpapar racun menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.

3. Membantu Mencegah Diabetes

Manfaat selanjutnya dari air kelapa muda adalah mencegah tubuh dari penyakit diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kontrol pada gula darah.

Air kelapa muda juga merupakan sumber magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin yang meningkat itu pada gilirannya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap hal ini, setidaknya minum air kelapa tetap menyegarkan dan tak membahayakan tubuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"