Cari Teman Tidur? Coba Baca Cerita Rakyat Sangkuriang Di Bawah

Cari Teman Tidur? Coba Baca Cerita Rakyat Sangkuriang Di Bawah

Cerita rakyat Sangkuriang adalah cerita rakyat dari Jawa Barat. Jika menurut kategorisasi dongeng, cerita ini termasuk dalam legenda. Pasalnya, kisah dari dongeng ini berisikan tentant asal mula suatu tempat atau daerah tertentu. Penasaran? Yuk simak ceritanya.

Pada jaman dahulu kala, ada sebuah kisah tentang seorang putri yang berasal dari Jawa Barat. Putri itu bernama Dayang Sumbi dan mempunyai anak laki-laki. Namanya Sangkuriang. Meskipun tanpa kehadiran ayahnya, hidup keluarga kecil ini begitu bahagia di tengah pedalaman hutan.

Cerita rakyat nusantara (salingamanah.com)

Pada suatu hari, Sangkuriang diminta oleh ibunya untuk berburu di hutan. Kepergiaan Sangkuriang ditemani oleh anjingnya yang bernama Tumang. Tanpa Sangkuriang tahu, anjing yang sering dipanggil Tumang dan sudah menemani keluarga kecil itu sejak lama adalah titisan Dewa dan sekaligus ayahnya.

Hingga kejadian mengejutkan itu tiba. Saat berburu, Sangkuriang melihat seekor rusa di kejauhan. Sontak Sangkuriang pun teringat akan ibunya yang sangat menyukai hati rusa. Tanpa pikir panjang, mengajak Tumang bergegas mengejar rusa itu. Supaya tak tertinggal, Sangkuriang meminta Tumang lari mengejarnya lebih dulu. Tak disangka, Tumang yang terlatih lari di hutan dan mengendus bebauan pun gagal menangkap jejak rusa.

Sangkuriang dan Dayang Sumbi (pustakanasional.com)

Menurut cerita rakyat Sangkuriang, dirinya merasa marah saat mengetahui hal tersebut. Dan dalam kemarahannya, Sangkuriang pun melampiaskan amarah itu kepada Tumang karena dianggap nggak becus untuk melakukan suatu pekerjaan. Ia bunuh Tumang dengan pedang yang dibawa dan mengambil hatinya. Setelah itu, Sangkuriang pulang.

Sesampainya Sangkuriang di rumah, ia segera menyerahkan hati itu kepada Ibunya. Ketika masakan matang dan mereka berdua menyantap hidangan, sang ibu teringat Tumang. Merasa penasaran, ia pun menanyakan keberadaannya kepada Sangkuriang. Pertanyaan dari sang ibu pun langsung dijawab oleh Sangkuriang. Ia pun bercerita tentang kelalaian Tumang dan memutuskan untuk membunuhnya dan mengambil hatinya.

Cerita rakyat Sangkuriang (cerita-anak-indo.blogspot.com)

Mendengar penuturan Sangkuriang, emosi dalam diri Dayang Sumbi pun meledak. Ia pukul kepala Sangkuriang menggunakan sendok nasi. Nggak hanya selesai di situ, Sangkuriang juga diusir ibunya dari rumah. Usai Sangkuriang pergi, Dayang Sumbi tinggal sendiri. Ia meratapi kepergian dari Tumang. Dan untuk menenangkan hatinya, Dayang Sumbi memutuskan untuk berdoa dan menyepi. 

Suatu hari, setelah waktu lama berlalu sejak kepergian Sangkuriang dan Tumang, Dewata turun ke bumi. Mereka merasa iba atas kesedihan dan penyesalan yang dirasakan Dayang Sumbi. Oleh karena itu, mereka pun menganugerahkan Dayang Sumbi kecantikan abadi dan terbebas dari usia tua. 

Tumang mati (vidio.com)

Lain halnya dengan Dayang Sumbi, berdasarkan cerita rakya Sangkuriang, ia malah memulai perjalanan usai diusir sang Ibu. Ia pergi ke berbagai tempat dan mengumpulkan berbagai jenis kesaktian. Saat dirasa umur dan ilmunya cukup tinggi, Sangkuriang pun memutuskan untuk kembali. Anehnya, yang ia temui bukanlah wanita tua renta seperti yang senantiasa dibayangkan tentang sosok ibunya. Yang ia temui adalah sosok wanita muda dan cantik. Nggak menunggul lama, cinta pun bersemi di antara kedua manusia ini.

Merasakan cinta yang menggebu demikian besar, Sangkuriang memutuskan untuk melamar Dayang Sumbi. Pucuk dicinta ulam pun tiba! Dayang Sumbi yang tak lagi mengenali Sangkuriang sebagai sosok anaknya yang dulu pernah diusir, menerima pinangan dari Sangkuriang. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"