Cari Tahu tentang Sejarah Catur yang Merupakan Permainan Tertua di Dunia

Cari Tahu tentang Sejarah Catur yang Merupakan Permainan Tertua di Dunia

Catur tidak hanya dikenal sebagai sebuah permainan tapi juga olahraga. Itu karena di dalam permainan ini, ada nilai "sportsmanship" atau sikap sportif. Selain itu, permainan ini memang olahraga yang bagus untuk kesehatan otak. Otak membutuhkan energi yang cukup banyak untuk bisa memainkan permainan ini.

Nah, buat kalian yang penasaran soal sebenarnya sejak kapan sih permainan ini ada dan siapa penemunya?

Langsung aja kita cari tahu sama-sama jawabannya di sini!

# Sejarah Catur

Mengutip Encyclopaedia Britannica, permainan catur ternyata pertama kali muncul di India lho, ges. Tepatnya di abad ke-6 masehi. Di masa pemerintahan raja-raja Gupta.

Permainan catur ini merupakan permainan perang yang dalam bahasa Sansekerta disebut "Chaturangga". Istilah ini dipakai untuk menyebut formasi pertempuran dalam cerita Mahabarata.

Pada abad ke-7 Chaturanga berkembang di India sebagai pendahulu permainan catur modern. Chaturangga memiliki dua fitur utama yang ada dalam semua varian catur.

Kemudian permainan chaturangga ini lah yang menjadi pelopor permainan lain selain catur.

Catur Tiongkok (tionghoa.info)

Catur modern yang ada saat ini justru lebih mirip pada permainan Shatranj. Di permainan Shatranj ada kayu baru yang berperan sebagai penasihat.

Di permainan Shatranj, seseorang menang ketika bisa menghilangkan semua lawan atau bisa membunuh raja. Sementara, posisi ksatria dan pion masih sama.

Pada abad ke-10, catur mulai menyebar mulai dari Asia ke Timur Tengah, lalu ke Eropa.  

# Perkembangan Catur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"