Cara Menulis Alamat Dalam Bahasa Inggris yang Kece Dan Mudah

Cara Menulis Alamat Dalam Bahasa Inggris yang Kece Dan Mudah

Belajar bahasa inggris itu penting banget. Selain harus bener grammarnya kamu juga kudu perhatikan pronounsection kamu.

Apalagi kalau sedang bikin alamat dalam bahasa Inggris, ya harus bener dong. Jadi begini cara menulis alamat dalam bahasa inggris yang baik dan benar.

Cara menulis alamat dalam bahasa Inggris

Cara menulis alamat dalam bahasa Inggris Menulis(Minews ID)

Dilansir dari Visitpare, Surat atau letter berisikan sebuah pesan singkat secara tertulis, yang dikirim oleh seseorang untuk orang lain. 

Surat dalam bentuk kertas, pada umumnya sebelum dikirim melalui pos akan dimasukkan ke dalam amplop terlebih dahulu. 

Agar surat sampai kepada orang yang dituju, maka harus disertakan alamat yang lengkap, jelas, dan benar.

Meskipun di era modern ini penggunaan komunikasi melalui surat tertulis semakin jarang dilakukan oleh sebagian orang, tetapi tidak sedikit pula instansi-instansi pemerintah masih menggunakannya. 

Anda dapat menggunakan surat dalam melakukan beberapa pengiriman barang ke luar negeri, pembelian secara online ke luar negeri, dokumen kantor, maupun membuat biodata dalam bahasa Inggris.

Nama jalan merupakan bagian penting dari sebuah alamat. Penulisan jalan di Indonesia dengan di luar negeri sangatlah berbeda. Di luar negeri, nama jalan ditulis secara singkat, sedangkan di Indonesia sendiri cenderung panjang. Sebab inilah pemahaman dan pengetahuan penulisan jalan dalam bahasa Inggris perlu untuk dipelajari.

Jenis-Jenis Alamat Surat

Sebelum kita mengetahui lebih jauh cara menulis alamat dalam bahasa Inggris, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis alamat surat. Telah dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu, alamat dalam dan alamat luar.

Alamat Surat Dalam

Pada dasarnya, penulisan alamat dalam tidak perlu mencantumkan nama dan nomor jalan. Hal ini dikarenakan nama dan nomor jalan sudah tertera di alamat surat luar, sehingga telah sampai pada penerima suratnya. Jika anda sedang menulis surat dan ingin mengirimnya dengan menggunakan sampul berjendela, maka penulisan alamat dalam dan alamat luar cukup ditulis satu kali saja karena memiliki alamat yang sama.

Alamat Surat Luar

Berbeda dengan alamat dalam, alamat luar harus lengkap dalam penulisan alamatnya, mulai dari nama hingga nomor jalan juga harus dicantumkan. Hal ini berkaitan dengan alamat yang akan dituju. Penulisan alamatnya pun terdapat ketentuan, di baris pertama ditulis nama penerima surat, di baris ketiga ditulis nama jalan serta nomor rumah, dan untuk di baris ketiga ditulis nama kota.

Ketentuan Penulisan Jalan Bahasa Inggris

Terdapat beberapa ketentuan untuk penulisan jalan dalam bahasa Inggris. Hal ini perlu dicermati, agar terhindar dari kesalahan. Jika, terjadi kesalahan dalam penulisan jalan ke dalam bahasa Inggris, ketika dikirim ke dalam negeri maupun ke luar negeri, surat anda tidak akan sampai pada tujuan.

Penulisan Nama Jalan

Pada dasarnya, cara menulis alamat dalam bahasa Inggris memiliki aturan dalam memindahkan kata jalan (street atau road), kecamatan atau district, kota atau city, serta provinsi atau province menjadi di belakang. Agar menghindari kebingungan saat di lapangan, maka dalam penulisan nama jalan dalam bahasa Indonesia tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Cukup menggunakan nama jalan sesuai dengan wilayah tersebut. Contohnya:

Jalan Jeruk menjadi Jeruk Street, tidak perlu diubah menjadi Orange Street.

Jalan Melati menjadi Melati Street, tidak perlu diubah menjadi Jasmine Street.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"