Cara Menentukan Judul Proposal Penelitian yang Sesuai dengan Tujuan Riset

Cara Menentukan Judul Proposal Penelitian yang Sesuai dengan Tujuan Riset

Judul proposal penelitian yang baik adalah judul yang mudah dipahami oleh pembacanya. Siapa pun yang mendapatakn proposal ini akan langsung paham apa maksud dari penulisan proposal tersebut.

Masalahnya banyak mahasiswa atau peneliti yang kurang paham dengan hal ini. Kita tahu jika proposal penelitian merupakan langkah awal dalam proses riset. Bagi mahasiswa nanti akan berguna demi memperoleh gelar sarjana. Bagi peneliti tentu proposal ditujukan untuk mendapatkan dana hibah penelitian.

Penelitian (kumpulan.net)

Pada kesempatan ini kita akan berbagi cara menentukan judul proposal penelitian yang sesuai dengan tujuan riset gengs. Simak ya.

1. Sesuaikan dengan bidang ilmu

Banyak peneliti yang tidak teliti dengan hal ini. Judul penelitian sebarapapun menariknya harus tetap merepresentasi bidang ilmu yang akan diterapkan dalam penelitian. 

Jika kalian bisa membuat judul yang melambangkan bidang ilmu, maka orang akan lebih mudah untuk memahami apa yang akan diteliti. Jika kalian telah menentukan bidang ilmu apa yang akan dipilih maka mudah saja dalam menentukan judul proposal penelitian yang sesuai tujuan riset.

2. Judul proposal penelitian harus spesifik

Judul proposal penelitian dibuat spesifik agar tidak melebar pembahasan dalam isi proposal dan skripsi nantinya serta saat melakukan penelitian. Misalnya bidang ilmu yang akan kalian pilih  untuk riset tentang kondisi ekonomi masyarakat pedesaan. Maka judul harus menceritakan lokasi tempat penelitian termasuk menjelaskan kondisi apa yang terjadi di lapangan.

Konsultasi dengan ahli (medikaplaza.co.id)

3. Konsultasi dengan ahlinya

Jika cara pertama dan kedua telah kalian lakukan, maka cara selanjutnya adalah dengan berkonsultasi dengan ahli di bidang topik riset kalian. Dengan begitu penentuan judul akan lebih mudah ditentukan.

Misalnya kalian sedang melakukan riset dibidang budidaya tanaman kayu. Usahakan mencari orang yang ahli dalam hal pembudidayaan tanaman kayu juga. Masalahnya tidak semua ahli dalam hal ini bisa menjelaskan lebih spesifik dari yang lainnya.

Semoga 3 cara menentukan judul proposal penelitian di atas dapat menambah pengetahuan kalian yang akan menentukan judul penelitian. Selamat meneliti gengs!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"