Cara Mendidik Anak Biar Nggak Kecanduan Gadget

Cara Mendidik Anak Biar Nggak Kecanduan Gadget

Kita hidup di zaman yang serba modern dan serba praktis, walhasil apapun yang kita butuhkan dan mau akan dengan mudahnya kita akses.

Kalau dulu kita harus mengakses internet dan search engine seperti google misalnya kudu dengan perangkat komputer, laptop ataupun PC, sekarang bisa dengan sangat praktis dengan hanya di layar ponsel kalian.

Dan kita juga hidup di zaman ponsel bisa menjadi kebutuhan hidup dan sangat menguntungkan, namun sebaliknya, ponsel juga bisa membawa petaka bila kita menyalahgunakan.

Contoh konkritnya saat anak-anak kita yang masih berusia dini sudah keranjingan alias addict dengan ponsel, waduh bahaya banget tu moms.

Bukti nyatanya, saat kita mengambil layar ponsel ke anak, pastinya mereka akan melawan, entah dengan menangis, marah-marah, bahkan sampai menyerang orang tuanya.

Hal ini kalau terus dibiarkan akan berdampak buruk bagi perkembangan sang anak, entah dari segi kesehatan maupun psikologis. Nah, cara mendidik anak agar tak keranjingan gadget ya dengan cara berikut ini.

Ajak mengenal hobi

Ajak mengenal hobi Ajak mengenal hobi (inspirasicendekia.com)

Pasalnya, dengan kita mengalihkan anak dengan kesibukan yang lainnya maka sedikit demi sedikit anak kita akan melupakan gadgetnya.

Contohnya seperti diajak olahraga, dikenalkan dengan kesenian seperti melukis, atau memainkan alat musik, pastinya mereka akan teralihkan.

Diberi tanggung jawab

Diberi tanggung jawab Diberi tanggung jawab (motherandbaby.co.uk)

Dengan memberi tanggung jawab, maka intensitas mereka terhadap gadget juga bakalan berkurang. Dan mereka cenderung akan mengerjakannya, namun hal itu juga butuh proses.

Berilah tanggung jawab namun yang mengasyikkan seperti merawat tumbuhan atau diberi peliharaan yang dia harus memberi makan dan merawatnya setiap hari. Kalau cara ini berhasil, anak akan berkurang dalam ketagihan gadgetnya.

Dijadwal

Dijadwal Dijadwal (getintoinfo.com)

Sebagai orangtua yang baik, alangkah tidak bijaknya kalau kita membiarkan anak kita menggunakan ponselnya berjam-jam lamanya.

Mulailah membuat kebijakan dengan mengurangi intensitasnya dalam menggunakan gadget. Secara perlahan anak kita akan paham dan akan terbiasa, namun ya dengan kesabaran dan proses ya.

Diberi Lingkaran hitam pada mata

Diberi Lingkaran hitam pada mata Trick makeup hitam (grid.id)

Trik terkadang ampuh untuk mempengaruhi anak-anak yang usianya masih di bawah 10 tahun. Asalkan mereka belum mengetahui seperti trik yang sempat hits di sosial media.

Yaitu dengan memberikanya make up lingkaran hitam di sekitar mata dan bilanglah itu karena ulahnya terlalu lama mainan handphone. Barangkali cara ini berhasil, cobain aja deh.

Emang sih cara mendidik anak agar tidak ketagihan dengan handphone itu tak mudah, tapi kalau kamu lakukan cara-cara di atas dengan sabar, pasti bisa deh, asalkan yakin.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"