Cara Membuat Mading 3D Dalam 3 Langkah, Bakal Buat Kelasmu Kece Cuy!

Cara Membuat Mading 3D Dalam 3 Langkah, Bakal Buat Kelasmu Kece Cuy!

Akhir semester hampir tiba. Biasanya setelah masa ujian akhir semester, akan diisi dengan berbagai kegiatan hiburan. Mulai dari lomba olahraga hingga menghias kelas. Jika kalian ingin menghias kelas, bisa dipraktekkan nih cara membuat mading 3D. 

Saat ini mungkin penggunaan majalah dinding (mading) sudah mulai ditinggalkan. Saat kalian bisa mendapat informasi apapun di web, buat apa menempelkannya di dinding? Butuh tenaga dan buang-buang waktu. Mungkin begitu, ya? 

Mading kelas (instagram @man2kudus)

Namun, beda urusan kalo untuk menghias kelas. FYI, mading nggak cuma pengganti majalah di sekolah aja. Jika dikonsep dan dihias dengan tepat, menempelkan mading kelas juga bisa menambah keindahan. Jika kelas sudah indah, keinginan untuk belajar pasti juga meningkat. Coba aja untuk membuktikan. 

Mading kelas (instagram @semalamis5tis)

Ingin membuat mading tapi bingung dari mana? Jangan beranjak gaes. Tim Paragram rangkum cara membuat mading 3D dalam 3 langkah cepat. Baca, praktek dan rasakan efeknya, ya. 

Tentukan tema mading 

Hal pertama yang harus kalian tentukan adalah tema dari mading itu sendiri. Mading adalah media yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Nah, sesuatu hal itu biasanya terdiri dari beberapa turunan yang menyertainya. 

Mading bertema (instagram @man2kudus)

Misal kalian ingin membahas kesehatan makanan kantin, kalian berarti harus membahas kondisi kantin kalian sendiri, bandingkan dengan kantin sehat dari satu daerah atau negara lain. Selain itu, kalian juga bisa buatkan artikel tentang konsep perfect kantin menurut kalian sendiri. 

Nah, kesatuan dari beragam tulisan itulah yang disebut tema. Untuk lebih mudahnya, sesuaikan aja dengan tema hari besar yang akan atau sudah berlangsung. Kalian bisa juga menyangkutkannya dengan kehidupan di sekolah atau tanggapan dari seluruh pihak yang ada di sekolah. 

Merancang sketsa mading 

Sketsa mading kelas (instagram @man2kudus)

Membuat mading adalah sebuah kerja kelompok. Jika dikerjakan sendiri sebenarnya bisa, namun akan memakan banyak waktu dan sumber daya. Lebih enak jika dikerjakan bersama-sama. 

Jika tema sudah didapat, hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah bentuk atau sketsa mading yang nantinya akan menjadi wadah untuk semua artikel yang sudah kamu kumpulkan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"