Cara Berbakti Pada Orang Tua, Sederhana Tapi Bermakna

Cara Berbakti Pada Orang Tua, Sederhana Tapi Bermakna

Orang tua telah mengasuh dan membiayai hidup kita hingga dewasa. Banyak yang telah mereka korbankan untuk anak-anak yang disayangi.

Orang tua telah mengasuh dan membiayai hidup kita hingga dewasa. Banyak yang teah mereka korbankan untuk anak-anak yang disayangi. Apalagi jika salah satunya sudah meninggal atau menjadi orang tua tunggal. Bebannya dobel gengs.

Buat kamu anak rantau, kapan terakhir telfon orang tua? Mungkin mereka kangen tapi takut ganggu kamu. Meski jarak kalian jauh tetap bisakok bebakti kepada kedua orang tua.

Ini beberapa cara berbakti pada orang tua yang sederhana tapi bisabikin keduanya bahagia.

1. Bertanggung jawab penuh pada kehidupanmu

Berbakti kepada orang tua (choicemutual.com)

Terutama buat kamu yang jauh dari orang tua. Kalau pamitnya untuk belajar, kuliah, ya kuliah yang bener. Rajin masuk dan belajar biar nilainya bagus. Lebihaik lagi kamu punya prestasi baik akademik maupn non-akademik. Pasti morang tua bangga tuh.

Ketika kamu jauh dari ong tua bertanggungjawablah dengan baik pada hidupmu.

Memiliki sikap tanggung jawab merupakan didikan orang tua yang tidak boleh dilupakan. Dengan kamu bertanggung jawab terhadap pilihan hidupmu, orangtua sudah merasa bangga memilikimu dalam hidup mereka. Terutama jika pilihan hidupmu itu membuat kamu berguna bagi orang lain, pasti orangtua akan merasa bahwa kamu adalah anak yang berbakti.

Jadilah anak yang so sweet gengs.

2. Disiplin dan tidak mudah menyerah pada masalah hidup

Meski orang tua gselalu tahu dan paham masalahmu, gak selalu tahu gimana kehidupanmu, tetaplah kuat. Ora tua gak selalu bisa ngasih solusi buat kamu, tapi jangan pernah meremehkan keduanya. Mereka masih punya doa yang bisa membantumu sukses.

Disiplin terutama terhadap diri sendiri juga perlu kamu tunjukkan. Tidak mudah menyerah meskipun berbagai halangan dan rintangan menghadang. Jika kamu punya dua sifat ini, orang tua mu akan yakin bahwa kesuksesan akan menghampirimu. Sehingga, mereka bangga sudah berhasil membesarkanmu dan mendidikmu.

3. Bersikap dewasa dan bisa diandalkan

Bersikap dewasa menjalani hidup (royalholloway.ac.uk)

Udah dewasa jangan suka ngambek dan marah-marah sama orang tua. Gak perlu menuntut minta dibeliin ini itu.

Orangtuamu pasti ingin kamu bisa menjadi orang yang diandalkan, terutama oleh mereka. Saat mereka mengalami kesulitan, kamu dengan kesungguhan dan ketulusanmu akan membantu mereka apapun yang terjadi. Di situlah bentuk baktimu yang sesungguhnya.

Kalau pas di rumah gak usah banyak kelayapan. Bantuin oang tu di rumah.

4. Pedulian terhadap diri sendiri dan terhadap orangtua

Hiduplah dengan teratur dan menja pola hidup sehat. Taat beribadah dan jadi anak baik. Misal, tidak melewatkan jam makan karena sibuk bekerja merupakan salah satu hal sederhana yang akan membuat orangtuamu bahagia. Juga, saat kamu sibuk sekalipun kamu tidak lupa untuk selalu peduli terhadap orangtuamu. Memberi kabar apa aktivitasmu dan menanyakan kabar orang tua. Bisa juga empatkan untuk bercanda dengan orang tua.

5. Bahagia menjalani hidup

Berbahagialah (parenttoolkit.com)

Orangtuamu juga akan bahagia kalau lihat kamu bahagia. Jalanilah kehidupanmu dengan sederhana dan banyak berbuat baik. Dengan kamu menunjukkan bahwa kamu bahagia, bagaimanapun kondisimu saat ini, orangtuamu sudah cukup bahagia, kok.

Gak susah kan? Bahkan beberapa hal di atas bisa kamu lakukan meski kedua orangtuamu sudah meninggal. Ditambah dengan doa untuk keduanya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"