Cara Berbakti kepada Orang Tua Biar Nggak Jadi Anak Durhaka

Cara Berbakti kepada Orang Tua Biar Nggak Jadi Anak Durhaka

Sebagai anak yang baik, kamu pasti ingin berbakti pada ayah dan ibumu yang telah melahirkan dan menjagamu sampai besar. Tapi masih bingung caranya gimana? Ternyata gampang aja kok! Yuk simak gimana sih cara berbakti kepada orang tua.

Sebagai tanda terima kasih kepada orang tua, kamu bisa membalas semua jasa dan kebaikan ayah dan ibumu dengan cara berbakti. Nah, cara berbakti kepada orang tua pun bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana lho yang bisa kamu praktikkan setiap hari dan sepanjang hidupmu. Cara-caranya pun kebanyakan mudah kok, apa saja ya?

Bicara dengan orang tua (lifeofpurposetreatment.com)

Bicara dengan sopan dan lembut

Kamu mungkin nggak biasa bicara perlahan, lembut, dan menggunakan kata-kata sopan. Tapi kepada orang tua sendiri, cobalah untuk lebih sopan sebagai tanda kamu menghormati mereka. Jaga nada bicara kamu jangan sampai terlalu tinggi dan nggak membentak walau ada hal yang kamu kurang sukai. 

Menaati perintahnya

Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, maka dari itu, turutilah perintahnya. Orang tuamu nggak mungkin kok meminta kamu melakukan hal yang enggak-enggak. Selama yang diminta masih positif, kamu bisa menuruti keinginan mereka. Namun, pada kenyataannya, ini mungkin sulit dilakukan. Kalau ingin menolak, pastikan kamu bicara baik-baik serta menjelaskan alasannya ya.

Bersabar (ldsblogs.com)

Sabar

Meski kadang orang tua bikin kamu sebal dan kesal, sebaiknya kamu tetap bersabar. Ingatlah betapa ayah dan ibumu telah bersabar selama bertahun-tahun menghadapimu semenjak ada di dalam kandungan sampai kamu besar. Jadi, ada baiknya kamu pun melakukan hal yang sama dengan bersabar terhadap orang tua dan lebih memakluminya. 

Menjaga nama baik orang tua

Ini penting untuk dilakukan. Orang tua telah berusaha memberikan kehidupan yang terbaik buat anaknya. Jadi, nggak ada salahnya bagi kamu untuk membalas kebaikan orang tua dengan cara menjaga nama baiknya. Kalau kamu mau melakukan sesuatu, selalu ingat apakah hal itu akan berdampak pada orang tuamu?

Membuat orang tua senang (tallgirlbigworld.com)

Meringankan bebannya

Alih-alih menambah beban dan membuat orang tua selalu kerepotan, cobalah meringankan bebannya. Bantulah orang tuamu, sesederhana merapikan kamar sendiri, membantu membereskan rumah, memasak, pergi belanja kebutuhan rumah, dan kalau sudah bekerja pastikan kamu meringankan beban keuangan orang tua juga.

Jangan lupa bantu orang tua jika membutuhkan, dan selalu melayani mereka dengan baik sebagai tanda kamu memang berbakti. 

Menyenangkan orang tua

Sejak kecil, kamu sudah diberikan banyak hal demi kesenanganmu. Ini saatnya kamu balas budi, ajaklah orang tua bersenang-senang, misalnya pergi jalan-jalan, belanja, makan di restoran favoritnya, belikan hadiah, bawakan makanan kesukaannya, memasak untuknya, dan lain sebagainya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"