Cara Ahok Atasi Stres Saat Covid-19, Berkaca dari Pengalamannya Saat di Penjara

Cara Ahok Atasi Stres Saat Covid-19, Berkaca dari Pengalamannya Saat di Penjara

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dan keluarganya ternyata sempat terpapar Covid-19 beberapa waktu lalu. Meski sudah sembuh, rupanya pengalaman itu sempat membuat Ahok trauma.

Ahok dan keluarganya menjalani perawatan di rumah sakit selama satu minggu. Proses pemulihan berlangsung cukup melelahkan. Pria berusia 55 tahun itu sempat merasa down dari segi mental maupun fisik.

"CT-nya drop dan saturasi rendah. Saya harus dibantu oksigen. Selain itu istri ikut terkena Covid-19 saat sedang hamil. Istri merasa bersalah, dia menangis jadi tambah sesak, kita pun tambah tegang," ungkap Ahok, dilansir dari channel YouTube Christ Centered TV, Senin (12/7/2021).

Puput Nastiti Devi (Istri Ahok) yang tengah hamil besar khawatir dengan keadaan janin yang dikandung. Hal itu turut membebani pikiran Ahok.

Di tengah kekhawatiran Ahok terhadap sang istri, ia juga dihadapkan dengan sang Bunda yang dinyatakan Covid-19 di usia tua.

Ahok takut jika saudara-saudaranya menyalahkan dirinya atas Ibunda yang ikut terinfeksi. Kekhawatiran semakin bertambah ketika sang Bunda menyiratkan pesan kepada Ahok.

"Mama mengerti saya takut terjadi apa-apa pada istri dan semuanya. Lalu mama ngomong ke saya, katanya 'Saya udah tua, kamu enggak usah pikirkan saya, yang penting kamu hidup, tidak usah stres.' Begitu katanya," ujar Ahok.

Selain itu, Ahok dan Puput juga harus menjaga putra pertama mereka, Yosafat yang ikut dirawat di rumah sakit. Bocah berusia satu tahun itu terpapar Covid-19 bersama Ahok dan Puput.

Tak hanya memikirkan kondisi kesehatan keluarga tercinta, Ahok turut dihantui pikiran soal kematian. Ia membayangkan bagaimana jika ia meninggal karena Covid-19.

"Saya sampai ke titik panik. Kalau mati karena Covid-19, nanti lawan-lawan saya bisa ngakak menertawai saya. Pikiran-pikiran itu sangat tidak menolong. Saya justru kesal, marah, tidak terima," tuturnya.

Ditekan oleh pikiran buruk, kondisi Ahok sempat turun karena stres.

Keluarga Kecil Ahok alias Basuki Tjahya Purnama (Instagram)

CARA AHOK ATASI STRES

Berbagai pikiran negatif rupanya berdampak terhadap kondisi kesehatan Ahok. Tubuh Komisaris Utama PT Pertamina itu sempat drop karena tekanan mental.

Selama menjalani perawatan di rumah sakit, Ahok harus bergantung pada selang oksigen karena angka saturasi yang rendah. Hingga pada akhirnya, Ahok menemukan cara untuk mengatasi stres saat diserang virus Covid-19 itu.

Pria kelahiran Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966 itu teringat dengan pengalamannya ketika mendekam di balik jeruji besi. Ia sempat mengalami hal serupa ketika pertama kali dijebloskan ke penjara.

"Saya dulu terbangun di penjara tiba-tiba merasa sesak seperti jantungan. Saya sampai memanggil penjaga, tapi katanya itu biasa orang baru masuk (dipenjara) gitu," ujar Ahok.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"