Bye Bye Indonesia, Negara-negara di Dunia Ini Nggak Ada yang Punya Utang Pinjaman Luar Negeri

Bye Bye Indonesia, Negara-negara di Dunia Ini Nggak Ada yang Punya Utang Pinjaman Luar Negeri

Indonesia diketahui memiliki utang  pinjaman dengan negara lain. Pinjaman uang dari negara lain tersebut sudah dilakukan sejak pemerintahan Soekarno hingga Presiden Joko Widodo saat ini. 

Bayangkan saja puluhan tahun Indonesia mendapatkan bantuan pinjaman dari negara lain. Makin lama total utang Indonesia pun membengkak. Total per Agustus 2021 utang Indonesia sebesar Rp 6.625,43 triliun atau naik Rp 55,27 triliun dibandingkan Juli 2021.

Jika Indonesia memliki utang cukup besar, ternyata ada beberapa negara di dunia yang justru tak memiliki utang dengan negara lain.Memang kebanyakan negara-negara ini adalah negara kecil yang dari segi luas dan jumlah penduduk jauh di bawah Indonesia.

1. Liechtenstein

Lienchtenstein merupakan negara kecil keempat di Eropa setelah Vatikan, Monako, dan San Marino. Saking kecilnya Liechtenstein tidak memiliki bandara dan garis pantai. Jika hendak menuju dan keluar dari negara ini bisa melalui Kota Zurich di Swiss lalu melanjutkan perjalanan sekitar 1,5 jam lewat jalur darat.

Dengan total 38 ribu penduduk, negara ini memiliki ekonomi yang cukup makmur dengan perekonomian yang ditopang dengan industry besar dalam bidang elektronik, manufaktur logam, dan farmasi. Pendapatan warganya per tahun berkisar Rp 1,3 miliar.

Liechtenstein (Agolf News)

2. Macau

Macau adalah negara dengan sebutan kerajaan judi di dunia. Negara yang berbatasan dengan Hong Kong ini disebut sebagai negara yang tidak memiliki utang. Macau menghasilkan 40 miliar dollar per tahun atau Rp 574 triliun dan setiap tahun memiliki kenaikan pendapatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"