Burung Phoenix, Hewan Legendaris yang Dipercaya Bisa Hidup Ratusan Tahun dan Jadi Simbol Kehidupan Abadi

Burung Phoenix, Hewan Legendaris yang Dipercaya Bisa Hidup Ratusan Tahun dan Jadi Simbol Kehidupan Abadi

Pernah dengar cerita atau dongeng tentang burung phoenix gak gengs? Kayaknya terkenal banget sih sebagai hewan legendaris di dunia. Kamu pasti tau deh.

Burung legendaris ini emang bertebaran dalam banyak versi dongeng yang datang dari masa lampau. Berbagai budaya di dunia punya versinya masing-masing tentang burung phoenix yang legendaris ini.

Beberapa legenda kuno melukiskan burung phoenix ini sebagai burung ajaib. Burung ini bisa memancarkan cahaya yang berkilauan. Hewan legendaris ini kabarnya juga bisa hidup hingga ratusan tahun.

Burung Phoenix yang legendaris (pinterest.com)

Burung phoenix bahkan dikenal di banyak budaya dunia. Mulai dari Yunani, Mesir, hingga China.

Dalam mitologi Yunani, burung Phoenix digambarkan sebagai burung besar yang bulunya berwarna merah. Ekornya berwarna emas dan merah tua. Dalam beberapa mitologi lainnya, burung phoenix juga dikenal punya kemampuan istimewa.

Sementara dalam mitologi Mesir, burung ini disebut Bennu yang juga jadi mitos penciptaan mereka. Bennu hidup di atas onelisk dan disembah bersama Osiris dan Ra. Burung ini erat kaitannya dengan matahari di Mesir yang membawa kekayaan dan kesuburan baru.

Kemudian di Asia, burung phoenix adalah penguasa semua burung. Burung ini menjadi simbol Ratu China, sebagai tanda pemimpin yang baik dan bijaksana. Istana dan kuil-kuil sejak lama menggunakan binatang pelindung dari keramik, semua itu dipimpin oleh burung phoenix ini.

Kalo di China disebut Fenghuang (chipperbirds.com)

Salah satu kemampuan burung phoenix adalah bisa menyembuhkan luka. Konon, luka bisa sembuh dengan cepat berkat air matanya. Hal ini juga pernah dikisahkan dalam film kelima Harry Potter saat Albus Dumbledore memperlihatkan Fawkes, burung phoenix peliharaannya.

Bahkan mitos juga menyebutkan bahwa kalo ada burung phoenix di dekat kita, kita gak akan bisa berbohong.

Burung phoenix dipercaya punya warna yang indah dan megah. Selain itu, phoenix sendiri juga punya suara yang indah.

Legenda Yunani menyebutkan bahwa phoenix hidup di daerah Arabia dan tinggal di dalam hutan dekat sumur yang berisi air dingin. Biasanya, phoenix akan menuju sumur itu untuk mandi di sana. Sambil mandi, phoenix diceritakan akan menyanyi sebuah lagu dengan suara indahnya itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"