Bukan Tiongkok, Negara Copy Paste Pertama Adalah Jepang, Ini Bukti-buktinya

Bukan Tiongkok, Negara Copy Paste Pertama Adalah Jepang, Ini Bukti-buktinya

Selama ini kita percaya bahwa negara yang kerap meniru barang-barang produksi barat adalah Tiongkok. Semua merek, dari elektronik hingga brand minuman cepat saji dibajak sedemikian rupa bahkan terkesan sangat mirip.

Namun anggapan ini ternyata tidak tepat, bukan Tiongkok lah yang menjadi pionir copy paste produk-produk barat. Bahkan Tiongkok belajar dari negara ini. Negara tersebut adalah negara Jepang.

Jepang terkenal sudah mencontoh barang dari barat bahkan sebelum perang dunia ke dua. Bahkan kegiatan meniru barang-barang ini disponsori oleh daimyo besar mereka yakni Oda Nobunaga, saat ia melihat senapan untuk pasukan militernya.

Jepang adalah pioner copy paste produk barat (kaskus.co.id)

Melompat ke masa setelah perang dunia, Jepang kembali menata perekonomian setelah dinilai kalah perang. Jepang sadar jika mereka menunggu inovasi dari rakyatnya, maka butuh waktu yang sangat panjang untuk bangkit kembali.

Maka dari itu Jepang memudahkan rakyatnya untuk meniru produk dari luar. Hanya saja berbeda dengan Tiongkok yang membuat versi KW, Jepang berani mengubah sedikit desain barang agar tetap terlihat mirip namun bisa diberi label merek berbeda.

Sebagai contohnya kalian bisa melihatnya di bawah ini:



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"