Bukan Soal Dunia Gaib, Ternyata Begini Penjelasan Penerbangan Hantu

Bukan Soal Dunia Gaib, Ternyata Begini Penjelasan Penerbangan Hantu

Pernah mendengar tentang penerbangan hantu ? Mungkin awalnya sebagian orang mengira bahwa penerbangan hantu ada kaitannya dengan dunia gaib atau cerita horor. Padahal enggak ada hubungannya sama sekali.

Mengutip simpleflying, penerbangan hantu sebenarnya merupakan istilah untuk menyebut maskapai pesawat yang tetap terbang sesuai rute meski tanpa penumpang di dalam pesawat tersebut, alias pesawatnya kosong. Lantas apa tujuan maskapai-maskapai tersebut tetap melakukan penerbangan sesuai rute meski tanpa penumpang?

Penerbangan Hantu (via Okezone Travel)

Sebuah maskapai melakukan penerbangan hantu untuk mempertahankan slot mereka di bandara. Setiap maskapai memiliki peraturan 80:20 di bandara. Maksudnya maskapai harus menggunakan 80 persen slot waktu agar slot mereka tetap bertahan.

Aturan yang diberlakukan oleh Komisi Eropa dan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) di Amerika Serikat, yang dikenal sebagai aturan "use it or lose it", atau "gunakan atau hilangkan".

Namun karena adanya pembatasan penerbangan selama pandemi, peraturan tersebut berubah menjadi 50:50. Namun mulai 27 Maret 2022 kemarin, slot waktu kembali naik menjadi 70 persen.

Apa dampak yang diperoleh setelah melakukan penerbangan hantu?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"