Bocah 10 Tahun Nyaris Tewas Gara-gara Minum 6 Botol Air Putih Dalam Sejam, Ini Yang Terjadi!

Bocah 10 Tahun Nyaris Tewas Gara-gara Minum 6 Botol Air Putih Dalam Sejam, Ini Yang Terjadi!

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, tidak terkecuali soal urusan minum air putih. Sebenarnya, konsumsi air putih sangat diperlukan agar tubuh bisa berfungsi maksimal. Tapi mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik.

Bahkan konsumsi air putih terlalu banyak bisa berakhir kematian. Terlalu banyak minum air putih bisa menyebabkan water intoxication atau keracunan air. Kondisi ini dipicu terganggunya keseimbangan elektrolit saat tubuh mendapat asupan air putih yang terlalu banyak.

Kondisi ini juga membuat kadar natrium di dalam darah menjadi sangat rendah. Dampaknya, seseorang akan merasakan gejala seperti mual, bingung, muntah sampai pada kasus terparah memicu koma, bahkan kematian.

Kasus keracunan air belum lama ini menimpa seorang bocah asal Columbia, Carolina Selatan, Amerika Serikat. Dilansir dari Ladbible, anak laki-laki bernama Ray Jordan itu awalnya bermain dengan sepupunya pada akhir pekan.

Ilustrasi Anak Minum Air (Twitter)

Karena melakukan banyak aktivitas fisik seperti lari-lari di dalam rumah sampai lompat-lompatan di trampolin saat cuaca terik, Ray mengalami kelelahan. Akhirnya, dia minum banyak air putih. Total, dia menegak 6 botol air putih.

Botol-botol air itu dihabiskan Ray di antara pukul 20.30 hingga 21.30. Hanya selang satu jam kemudian, tepatnya pukul 22.30, orang tua Ray yakni Stacy dan Jeff mulai mendapati ada yang salah dengan anak mereka. Sebab, Ray mulai muntah-muntah.

Bahkan dia seperti berada dalam pengaruh obat atau minuman keras. "Dia (Ray) tidak bisa mengendalikan kepala atau lengannya atau apa pun. Fungsi motoriknya hilang. Saya membawanya langsung ke Richland Children's pada saat itu," ujar Stacy.

Setelah menjalani berbagai pemeriksaan di rumah sakit, ditemukan penyebab utamanya adalah kadar natrium dalam darah Ray sangat rendah. Kondisi ini terjadi ketika ginjal tidak mampu dalam mengimbangi jumlah air yang masuk ke tubuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"