Tarian "Shoot", yang sangat mirip dengan emote "Hype" di dalam game Fortnite besutan Epic Games, akan ditantang seorang penyanyi/seniman yang merasa memiliki hak cipta akan gerakan tersebut di jalur hukum.

Gelombang tuntutan dari sejumlah pihak terhadap Epic Games masih belum selesai. Mereka melakukan tuntutan karena developer video gim Fortnite ini diduga melanggar hak cipta dengan menggunakan tarian mereka di Fortnite. 

Seperti yang dilansir dari TMZ, bahwa BlocBoy JB menggugat Epic karena dilaporkan meniru tarian "Shoot" miliknya. Tarian tersebut lantas di beri nama dengan emote "Hype" dalam game battle royale. 

Seperti bintang Fresh Prince Alfonso Ribiero, BlocBoy mengatakan bahwa pihaknya memang belum memiliki hak cipta tetapi sedang dalam proses mengamankannya. Dan seperti sebelumnya, tidak ada keraguan bahwa tarian tersebut memang mirip. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal seperti ini bisa dikasuskan apa tidak?

BlocBoy JB (kiri) (capitalxtra.com)

BlocBoy harus menunjukkan bahwa tarian ini berasal darinya atau minimal dia yang membuatnya populer. Selain itu, BlocBoy juga harus menunjukkan bahwa tariannya memiliki durasi yang cukup panjang untuk dapat dilindungi hak cipta.

Biasanya sih keseluruhan tari secara utuh yang direkam sebagai hak cipta. Dengan begitu ia bisa mengklaim gerakan ini miliknya yang memang belum ada hak ciptanya. Terlalu banyak "jika" sih dalam kasus ini, sehingga pengadilan mungkin memutuskan tidak ada cukup bukti untuk menjadikannya sebuah perkara.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations