Bissu, Dukun 'Waria' dari Bugis yang Dianggap Keturunan Dewa yang Suci dan Sakti Bukan Main!

Bissu, Dukun 'Waria' dari Bugis yang Dianggap Keturunan Dewa yang Suci dan Sakti Bukan Main!

Indonesia punya banyak budaya dan tradisi. Termasuk budaya yang unik dan jarang diketahui oleh orang Indonesia sendiri. Salah satunya adalah adat dan tradisi dari Suku Bugis yang satu ini.

Suku Bugis sendiri adalah salah satu suku tertua di Indonesia dan yang paling dihormati di Indonesia. Soalnya, orang-orang Suku Bugis sendiri masih menjalankan adat dan tradisinya hingga hari ini.

Bissu, salah satu simbol budaya Bugis yang masih dilestarikan (aljazeera.com)

Nah, salah satu tradisi yang masih berjalan hingga kini adalah Bissu. Bissu adalah seorang 'waria' yang sakti banget layaknya seorang dukun. Tapi yang membedakannya, dukun sakti ini memiliki sifat laki-laki dan perempuan sekaligus.

Hal ini emang jarang banget diketahui orang Indonesia. Padahal, kesaktian yang dimilikinya mandra guna dan memiliki posisi yang tinggi di kalangan masyarakat Bugis.

Bissu bukan orang sembarangan gengs. Sebagai orang yang paling dihormati di kalangan masyarakat Bugis, Bissu adalah orang terpilih. Mereka dipilih sejak masih berusia anak-anak.

Seorang anak yang dipilih menjadi Bissu adalah anak yang mengalami ambiguitas dan masalah orientasi seksual. Hal ini bukanlah tabu, malah dianggap sebagai keunikan dan anugerah dari Yang Maha Kuasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"