Biografi Yi Sun-shin dari Dinasti Joseon yang Dijadiin Hero Mobile Legends

Biografi Yi Sun-shin dari Dinasti Joseon yang Dijadiin Hero Mobile Legends

Pernah nggak sih kalian main Mobile Legends terus pakai hero Yi Sun-shin? Ternyata hero marksman ini berdasarkan tokoh yang pernah ada di dunia nyata, loh.

Yi Sun-shin (Grid.ID)

Yuk, kita pelajari soal sosok Laksamana Yi Sun-shin dari Dinasi Joseon di Korea.

1. Lahir pada 28 April 1545

Melansir Kompas.com, Yi Sun-shin dari dinasti Joseon lahir di Jalan Geoncheon-dong, Hanseong (sekarang Seoul. Ia terlahir sebagai keluarga bangsawan dengan klan Deoksu Yi. 

Nah, waktu kecil, Yi suka main perang-perangan sama temen-temennya. Saat remaja, dia juga udah bisa bikin busur dan anak panahnya. Di sekolah, dia termasuk siswa yang pintar membaca dan menulis.

2. Awal karir militer

Yi Sun-shin (kompas.com)

Awal karirnya dimulai pada usia 28 tahun saat menjalani ujian bidang militer. Yi Sun-shin sempat jatuh dari kuda dan kakinya patah. 

Tapi, setelah 4 tahun peristiwa itu berlalu, dia nyoba jalani ujian lagi dan berhasil di usia 32 tahun. Emang nggak pantang menyerah, ya!

Setelah itu, ia bertugas jadi perwira. Selama itu, ia dikenal tegas dan ngejanin prinsip-prinsipnya.

Saat karirnya bagus, malah ada orang yang iri sama dia, yaitu atasannya sendiri. Ia pernah sampai dicopot dari pos bertugas karena nggak mau ikut dalam kegiatan atasannya yang nggak bener. 

Diakibatkan fitnah juga, Yi pernah diturunkan jadi prajurit kelas bawah. Tetapi, di awal Perang Tujuh Tahun saat Jepang nyerbu Joseon, pangkatnya naik jadi Komandan Stasiun Angkatan Laut Kiri Jeolla.

Kenaikan pangkatnya adalah rekomendasi dari Perdana Menteri, Ryu Seong-ryeong saat itu. PM Ryu emang udah berteman sama Yi sejak masih kecil. Dia tau sama bakat pemimpin dalam diri Yi. Sementara itu, jabatan terakhir Yi adalah komandan di Yeosu pada 13 Maret 1591. 

3. Perang Tujuh Tahun

FYI, Perang Tujuh Tahun atau Perang Imjin adalah pertempuran selama 7 tahun di akhir abad ke-16. Perang yang terjadi di semenanjung Korea ini dikarenakan invasi Jepang yang punya niat nyerbu Cina lewat Korea.

Nah, saat perang itulah nama Yi makin dikenal. Dia memenangin perang dengan total 23 perang melawan angkatan laut Jepang. 

Saat pasukan Toyoyomi menyerang Busan, Yi juga memberangkatkan armadanya di Yeosi dan mendapat kemenangan.

Kalo kalian pernah liat Yi Sun-shin di Mobile Legends naik kapal kura-kura, ternyata di dunia nyata emang begitu. Yi pernah membangun Geobukseon atau kapal kura-kura. Yi pintar memanfaatkan kawasan pantai dan laut pasang.

4. Kematian



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"