Bill Gates Klaim Biayai Pabrik Nyamuk Super di Yogyakarta, Tapi Peneliti Membantahnya

Bill Gates Klaim Biayai Pabrik Nyamuk Super di Yogyakarta, Tapi Peneliti Membantahnya

Pendiri Microsoft Bill Gates menyebut nyamuk sebagai hewan paling berbahaya di dunia. Karena nyamuk membunuh banyak orang dari berbagai penyakit seperti demam berdarah, demam chikungunya, malaria, gading.

Dia menulis ini di blog pribadinya yang berjudul 'Bisakah kita mengalahkan hewan paling berbahaya di dunia?'. Dalam blog tersebut ia juga menceritakan tentang kisah suksesnya 'pengembangbiakan nyamuk' di Jogja, Indonesia.

# Pabrik Pengembangbiakan Nyamuk di Indonesia

Bill Gates membahas pengembangbiakan jutaan nyamuk di laboratorium dan kemudian secara tidak sengaja melepaskannya. Bakteri Wolbachia yang tertelan akan menyebar sehingga dapat membersihkan penularan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Bill Gates saat berkunjung ke UGM, Jogja (ugm.ac.id)

Bill Gates menulis, “Nyamuk yang lahir di pabrik itu memiliki bakteri yang disebut Wolbachia yang mencegah mereka menularkan demam berdarah dan virus lain seperti Zika, Chikungunya, dan lainnya ke manusia.”

Ia juga pernah berkunjung ke Jogja yang merupakan salah satu pusat penelitian nyamuk Wolbachia. Ia mengunjungi laboratorium Universitas Gadjah Mada (UGM) 8 tahun lalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"