Bikin Gempar! Seorang Dokter Muslim Ini Berhasil Cangkok Jantung Babi ke Manusia

Bikin Gempar! Seorang Dokter Muslim Ini Berhasil Cangkok Jantung Babi ke Manusia

Dunia kesehatan pekan ini baru saja digemparkan oleh sebuah berita kesuksesan operasi transplantasi atau cangkok jantung babi ke seorang pasien yang menderita jantung akut di Amerika Serikat. Ini menjadi sejarah pertama keberhasilan cangkok jantung babi ke manusia.

Menurut pakar xenotransplantasi - transplantasi organ binatang ke manusia, Dr. Muhammad Mohiuddin, yang memimpin operasi tersebut, mengatakan bahwa jika prosedur itu berhasil maka bisa dijadikan solusi krisis donor organ di bumi.

"Jika ini berhasil, maka kita akan memiliki pasokan organ tidak terbatas untuk pasien-pasien (yang membutuhkan donor organ) yang kini sedang menderita," kata Muhammad seperti dilansir dari Newsweek.

Dr Mohammad Mohiuddin berhasil melakukan cangkok jantung babi ke manusia (suara.com)

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Muhammad bersama rekan-rekannya dari  University of Maryland School of Medicine telah mencangkok jantung babi dan telah disunting secara genetik, kepada kepada David Bennett, pasien berusia 57 tahun melalui operasi yang dilakukan pada 7 Januari 2022 lalu.

Dr Muhammad Mohiuddin dalam pernyataan resminya mengatakan bahwaoperasinya itu merupakan puncak dari riset selama bertahun-tahun.

Para dokter pun mengatakan bahwa kondisi Bennett sejauh ini masih stabil walaupun harus diawasi secara ketat. Para dokter juga menjelaskan bahwa masih terlalu dini untuk mengkalim prosedur itu berhasil.

Bennett yang adalah pasien penderita jantung, membutuhkan donor jantung agar bisa bertahan hidup. Namun sampai operasinya digelar, ia belum mendapatkan donor jantung manusia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"