Bijak Kelola Uang di Bulan Ramadan, Ini 6 Tips Menghemat Pengeluaran Biar Dompet Nggak Kosong Melompong

Bijak Kelola Uang di Bulan Ramadan, Ini 6 Tips Menghemat Pengeluaran Biar Dompet Nggak Kosong Melompong

Bulan Ramadan  2022 sudah tiba. Bicara soal ramadan tak lengkap jika membahas bagaimana tips mengelola uang saat Ramadan. Meskipun berpuasa, namun pengeluaran kadang malah membengkak saat ramadan tiba. Tak dipungkiri paling banyak pengeluaran untuk makanan lho.

Makanya kalau tidak bisa mengatur pos keuangan dengan baik, bisa jadi di pertengahan bulan Ramadan uang yang kita miliki sudah habis. Jangan sampai deh saat momen Lebaran malah gigit jari karena uang sudah dikeluarkan habis-habisan saat bulan Ramadan. Berikut 6 tips menghemat pengeluaran saat Ramadan.

1.    Bedakan Gaji dan Uang THR

Uang Tunjangan Hari Raya atau THR biasanya cari jelang Lebaran. Makanya bagi para pekerja menghabiskan banyak uang gaji dan THR sekaligus untuk keperluan Ramadan. Coba bedakan uang gaji bulanan dengan uang THR. Usahakan untuk keperluan Ramadan gunakan dari uang gaji sementara THR bisa dipakai untuk keperluan Lebaran dan sisanya bisa ditabung.

Bijak Kelola Uang di Bulan Ramadan, Ini 6 Tips Menghemat Pengeluaran Biar Dompet Nggak Kosong Melompong (IDX Channel)

2.    Buat Daftar Menu Buka Puasa dan Sahur

Mentang-mentang baru gajian dan akan dapat THR kita bisa seenaknya belanja bahan makanan atau beli makanan jadi dengan bebas. Lakukan dengan membuat daftar makanan-makanan yang akan digunakan untuk buka puasa dan sahur. Dengan membuat daftar maka pengeluaran akan bisa dibuat dengan baik, jika terlalu mahal maka makanan bisa diubah dengan membeli bahan yang lebih murah.

3.    Memasak Makanan di Rumah

Ini sudah jelas memasak makanan untuk buka puasa dan sahur akan membutuhkan uang yang lebih murah dibandingkan membeli makanan jadi. Usahakan membuat makanan di rumah sendiri karena selain biaya lebih murah tentu kualitas makanan akan lebih baik dibandingkan jajan sembarangan di luar rumah.

4.    Jangan “Lapar Mata”

Orang yang berpuasa akan merasa lapar. Belum lagi di jam-jam menjelang waktu berbuka puasa dimana perut rasanya sudah lapar. Coba saat akan membeli makanan di luar jangan lapar mata. Melihat makanan yang dijual langsung dibeli semuanya, padahal belum tentu makanan itu bakal dihabiskan. Makanya usahakan membeli makanan yang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"