Di era serba digital, handphone menjadi alat yang wajib dimiliki tiap orang. Selain bikin mudah buat berkomunikasi dengan orang lain, handphone juga bisa bikin kerjaan jadi lebih cepat dan efisien.
Terkadang, handphone membuat penggunanya kecanduan, dikit-dikit ngecek handphone, dikit-dikit mainan handphone. Sebenarnya nggak apa-apa, tapi kalau kebiasaan ini dilakukan di kantor, akan sangat menganggu lho gengs.
Kalau kamu selalu mainan handphone, kerjaan di kantor bakal terbengkalai. Makanya, nggak jarang orang-orang sering ditegur hanya karena masalah handphone. Selain itu, handphone juga mesti banget disilent, karena suaranya akan ganggu orang lain yang lagi sibuk sama kerjaannya.
Jangan sampai, hanya karena terlalu sering ngecek handphone, padahal nggak punya pesan dari gebetan, ehhh... kamu malah dapet peringatan dan surat teguran dari atasan lho gengs.
Biasanya, kantor menerapkan etika pakai handphone lho, berikut adalah daftarnya:
Bebas handphone saat rapat
Main handphone saat rapat (magazine.job-like.com)
Saat rapat, saling berkomunikasi lewat tatap muka adalah hal yang efektif. Selalu usahakan fokus saat rapat di kantor gengs. Karena sekalinya nggak fokus, kamu bakal ketinggalan inti-inti dalam rapat.
Menjaga sopan santun tanpa handphone
Jauhkanlah handphonemu dari meja kerja, jangan sampai menyela obrolan dengan teman kantor, apalagi atasan karena ada pesan WhatsApp yang masuk.
Selesaikan obrolan terlebih dulu jika ingin mengangkat telepon pribadi.
Memakai nada dering yang sewajarnya
Silent handphone di kantor (tribun.manadotribunnews.com)
Saat masuk kantor, ubahlah nada dering jadi silent. Nah, ketika menerima telepon pribadi jawablah dengan singkat.
Jadi, daripada dapet omelan dari atasan, mending mencegah dulu gengs. Sedia payung sebelum hujan, silent handphone sebelum dapat teguran.