Berkenalan Dengan Sosok Baharuddin Lopa, Jaksa Agung Yang Paling Jujur Dan Sederhana

Berkenalan Dengan Sosok Baharuddin Lopa, Jaksa Agung Yang Paling Jujur Dan Sederhana

Baharuddin Lopa, dikenal sebagai sosok yang patut dijadikan panutan. Walaupun kedudukannya begitu penting di negara Indonesia, namun pribadinya sangat penuh dengan kesederhanaan. Lopa, selalu bekerja dengan kejujuran yang dimana sulit ditemukan pada generasi sekarang.

Ia merintis karirnya sedari nol. Meskipun berada di puncak tertinggi karirnya, Lopa tak pernah lupa diri. Ia pun dijuluki sebagai ‘pendekar hukum’ di zamannya.

Karirnya berawal saat dirinya menjadi jaksa di Kajari Makassar tahun 1958. Saat itu, ia berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Universitas Hasanuddin.

Kisah Baharuddin Lopa, Jaksa terbaik dan terjujur di RI (via boombastis)

Lopa berasal dari Mandar, Sulawesi Barat, dan sudah dikenal dengan segala prestasinya sejak muda. Bahkan, ia pernah diminta menjabat sebagai Bupati Majene ketika muda. Namun, dirinya hanya menjabat selama 2 tahun dan kembali terjun ke bidang hukum.

Selain itu, Lopa pernah menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi di Kalimantan Barat, Aceh, dan Sulawesi Tenggara. Ia pun sempat menjadi pimpinan  Pusdiklat Kejaksaan Agung di Jakarta.

Pria yang lahir pada 27 Agustus 1932 itu selalu bersikap jujur dan berani. Ketika menjadi Kajati Sulawesi Selatan, Lopa selalu mengingatkan publik untuk tidak menyuap para jaksa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"