Berikut Adalah Jenis Jenis Gempa Bumi Berdasarkan Penyebabnya, Catat dan Pahami Ya

Berikut Adalah Jenis Jenis Gempa Bumi Berdasarkan Penyebabnya, Catat dan Pahami Ya

Gempa bumi bisa dikatakan sebagai salah satu bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia. Tahun 2018 lalu aja, tercatat ada 23 gempa bumi terjadi. Dua gempa bumi yang tentu masih kita ingat adalah gempa Lombok dan gempa Donggala.

Mengetahui intensitas gempa yang sering terjadi, pernahkah kamu menanyakan alasannya? Atau dalam pertanyaan yang lebih spesifik, apa sih yang menyebabkan Indonesia sering dilanda gempa? 

Menurut Dr Daryono, kepala bidang informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika saat diwawancara BBC, wilayah Indonesia berpotensi gempa bumi karena lokasinya terletak di antara pertemuan tiga lempeng utama dunia, yakni Indoastralia, Eurasia dan Pasifik.

Gempa bumi (setkab.go.id)

Selain itu, wilayah Indonesia juga memiliki banyak patahan aktif. Sampai saat ini, baru terpetakan 200 patahan aja. Sementara itu, masih banyak patahan yang belum terpetakan hingga saat ini.

Untuk itu, pengetahuan dasar tentang gempa bumi tentu penting untuk diketahui. Mulai dari jenis jenis gempa bumi berdasarkan penyebabnya, lalu kamu pun akan mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Buat Paragengs, scrolling, kuy.

Pengertian gempa bumi

Dilansir dari Wikipedia, gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi sebagai efek dari pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba dan menciptakan gelombang seismik. Dan oleh peneliti, kekuatan peneliti pun berhasil diklasifikasikan menggunakan alat Seismometer dan diukur dalam ukuran Skala Richter.

Sebagai tambahan, Skala Richter adalah skala yang dilaporkan oleh observatorium seismologi nasional yang diukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. Semakin besar angkanya, makin semakin kuat getaran yang terjadi di permukaan.

Jenis-jenis gempa bumi berdasarkan penyebab

Karena gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi sebagai akibat dari pelepasan energi, oleh ilwuwan, gempa bumi dibedakan berdasarkan penyebab. Di antaranya adalah:

Gempa Tektonik

Gempa bumi ini disebabkan adanya aktivitas tektonik, yakni pergeseran lempeng-lempeng secara mendadak dan menghasilkan kekuatan, dari yang kecil hingga besar.

Gempa bumi (pandaibesi.com)

Banyak gempa bumi yang terjadi saat ini termasuk dalam jenis gempa bumi tektonik. Biasanya, gempa bumi ini banyak menyebabkan kerusakan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"