Berikut 5 Cara Mengidentifikasi Investasi Bodong, Biar Nggak Gampang Ketipu!

Berikut 5 Cara Mengidentifikasi Investasi Bodong, Biar Nggak Gampang Ketipu!

Investasi merupakan salah satu cara memperbanyak uang atau simpanan untuk masa depan. Sayangnya, belakangan ini ada banyak lembaga atau pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan investasi akan tetapi berujung dengan penipuan. Hal ini sering disebut dengan investasi bodong.

Dilansir dari laman Money Helper, investasi bodong sendiri memiliki tujuan untuk membuat para pengikutnya tidak menaruh curiga saat menyerahkan uang kepada mereka. Dengan dalih dan iming-iming kekayaan berlimpah, mereka bisa membuat segala sesuatunya jadi tampak sah dengan berbagai testimonial dan juga aneka materi pemasaran.

Jenis investasi bodong juga ada berbagai macam, Gengs. Salah satunya yang paling terkenal adalah Skema Ponzi, di mana uang yang dikumpulkan dari para investor baru sebenarnya adalah untuk membayar investor sebelumnya yang sebenernya duitnya udah raib duluan.

Nah, saat ini investasi bodong jauh lebih mudah dilakukan berkat adanya internet. Investasi bodong bisa menjadi jauh lebih kompleks, bahkan investor profesional pun bisa jadi korbannya.

Meski begitu, ternyata investasi bodong memiliki beberapa ciri yang mudah untuk diidentifikasi. Kalau sudah mengetahui cirinya, kamu akan terhindar dari investasi bodong ini dan isa menyelamatkan keuangan yang sudah kamu rancang untuk masa depan.

Cara Mengidentifikasi Investasi Bodong (Akseleran)

Cara mengidentifikasi investasi bodong

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi investasi bodong, nih. Kalau penasaran, berikut ini rangkuman. Simak, ya!

1. Profit tinggi risiko rendah

Setiap investasi pasti memiliki risiko. Semakin besar hasil investasi yang dijanjikan, maka akan semakin besar pula risiko yang didapatkan.

Kamu harus berhati-hati ketika menemukan peluang investasi yang mengklaim dan menjamin modal sekaligus menjanjikan pengembalian yang tinggi. Investasi bodong tentu akan menawarkan janji yang menggiurkan untuk menarik minat para investornya.

Sangat penting untuk memeriksa bagaimana skema investasi bisa menghasilkan keuntungan setinggi itu dengan risiko rendah atau bahkan tanpa risiko. kamu bisa kok melihat caranya di YouTube. Kuncinya, jangan mudah tergiur iming-iming palsu, ya!

2. Pemasaran dengan tekanan

Taktik pemasaran dengan tekanan ini biasanya memberikan penawaran terbatas hingga hadiah berjangka waktu. Tujuannya adalah agar kamu cepat melakukan transaksi tanpa berpikir panjang.

Sebelum kamu berinvestasi, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu telah paham sepenuhnya tentang investasi yang akan dilakukan. Kalau masih ragu, tandanya kamu belum siap dan lebih baik urungkan niat daripada melakukan investasi secara impulsif.

Adapun kalimat yang kerap digunakan oleh investasi bodong untuk menekan para calon investor biasanya kurang lebih sebagai berikut:

"Waktu terbatas! Investasikan sebelum kehabisan!"

"Harga khusus untuk 50 investor pertama. Jangan lewatkan kesempatan emas ini!"

"Lebih dari 2.000 orang telah berinvestasi - tunggu apa lagi?"

"Investasikan hari ini dan dapatkan kredit tambahan 10% dengan banyak manfaat lainnya."



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"