Berapa Jumlah THR yang Didapat Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin? Segini besarannya

Berapa Jumlah THR yang Didapat Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin? Segini besarannya

Presiden Jokowi  dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin  mendapatkan hak berupa uang THR  atau tunjangan hari raya jelang Lebaran tahun 2022 ini. Tapi kamu tahu nggak sih berapa kisaran jumlah uang THR yang didapat keduanya? Terkait gaji Presiden dan Wakil Presiden sudah ada aturannya sendiri lho dalam Undang-Undang (UU) 7/1978.

Aturan itu menjelaskan tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Peraturan Pemerintah (PP) 75/2000 tentang Gaji Pokok Pimpinana Lembaga Tinggi Negara. Dalam UU 71/1978 dijelaskan jika gaji Presiden ditetapkan sebesar enam kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain Presiden dan Wakil Presiden. Jika Presiden dapat enam kali, Wakil Presiden dapat empat kali.

Gaji pejabat tinggi negara selain Presiden dan Wakil Presiden adalah Ketua DPR dan Ketua MPR. Keduanya mendapatkan gaji sekitar Rp 5,04 juta setiap bulannya. Berarti gaji Presiden bisa mencapai sekitar Rp 30,24 juta dan Wakil Presiden mendapatkan gaji sekitar Rp 20,16 juta.

Berapa Jumlah THR yang Didapat Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin, Segini besarannya (Detikcom)

Dalam sebulan Presiden dan Wakil Presiden tidak hanya dapat gaji bulanan saja namun ada juga tunjangan-tunjangan seperti tunjangan jabatan yang diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) 68/2001 tentang Perubaan Atas Keprres 168/2000 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Sementara kira-kira tunjangan untuk Presiden sekitar Rp 32,5 juta dan tunjangan Wakil Presiden sebesar Rp 22 juta setiap bulannya.  Jumlah THR ini mencakup gaji pokok, tunjangan, keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tunjangan jabatan atau jabatan umum.

Berarti untuk THR tahun ini paling tidak Jokowi mendapatkan uang THR sebesar Rp 62,74 juta dan Ma’ruf Amin akan mendapatkan THR sekitar 42,16 juta. Jelas bahwa uang THR yang didapatkan keduanya sama dengan pendapatan bulanan yang diterima setiap bulannya. Nominal THR tahun 2022 sama dengan besaran THR 2021.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"