Beneran Nyata! Ada Bayi Lahir dengan Mata Satu di Yaman, Begini Penampakannya

Beneran Nyata! Ada Bayi Lahir dengan Mata Satu di Yaman, Begini Penampakannya

Sebuah foto mengejutkan publik beredar di berbagai media online. Foto tersebut memperlihatkan seorang bayi yang lahir dengan mata satu di Yaman.

 

Kehadirannya pun cuma 7 jam saja, namun banyak orang yang tertuju padanya hingga saat ini. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu diketahui hanya memiliki satu soket mata serta satu saraf optik saja. Ia lahir pada Maret 2022 lalu.

 

Menurut laporan jurnalis di Yaman, Karim Zarai, ia adalah orang pertama yang mengunggah foto tersebut ke dunia maya dan menjadi viral. Bayi tersebut diketahui lahir di Al Bayda, Yaman Pusat.

 

"Ini adalah kasus langka yang dikenal di mitologi Yunani," ujar Zarai sebagaimana ditulis Gulf News.

 

Viral ada seorang bayi terlahir dengan mata satu di Yaman (detik)

 

Akan tetapi setelah bayi tersebut lahir, dirinya cuma hidup hingga 7 jam saja sebelum akhirnya meninggal dunia. Sampai saat ini, belum diketahui apa penyebab sang bayi meninggal.

 

Kondisi medisnya itu dikenal dengan istilah cyclopia yang merupakan kondisi cacat sehingga dianggap sebagai penyakit yang langka.

 

Cyclopia sendiri merupakan bagian dari alobar holoprosencephaly, yakni kondisi kesehatan yang umumnya terjadi pada 1 dari 100  ribu bayi baru lahir.

 

Dikutip dari Healthline, cyclopia terjadi saat bagian otak depan tidak membelah sempurna. Kondisi ini juga kerap menimbulkan seorang ibu keguguran. Sebab tak cuma karena bermata satu saja, bayi dengan kondisi cyclopia juga bakal punya masalah kesehatan lainnya.

 

Kendati demikian, belum ada yang tahu pasti penyebab dari cyclopia. Beberapa pakar mengaitkannya dengan radiasi, namun ada juga spekulasi paparan kimia atau racun yang menjadi biang kerok masalah ini.

 

Meski begitu, masih belum tahu pasti apa yang menyebabkan cyclopia. Beberapa pakar mengaitkannya dengan radiasi. Tapi ada juga yang mengatakannya karena paparan kimia atau racun yang menyebabkan kondisi ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"