Bencana Tsunami Palu dan 4 Lainnya yang Terekam Kamera

Bencana Tsunami Palu dan 4 Lainnya yang Terekam Kamera

Hingga saat ini, sebanyak 832 warga ditemukan meninggal dunia karena peristiwa ini. Sementara itu, ribuan orang lainnya dirawat di rumah sakit dan di halaman-halaman terbuka. 

Dampak dari bencana alam ini antara lain berbagai bangunan, mulai rumah, pusat perbelanjaan, hotel, hingga rumah sakit ambruk sebagian atau seluruhnya karena guncangan gempa yang mencapai magnitudo 7,4 hingga sapuan gelombang tsunami setinggi 1,5-3 meter.

Kedahsyatan tsunami tersebut sempat terekam kamera warga pesisir pantai Palu yang selamat dari bencana. Bagaimanapun, gelombang tsunami adalah bencana alam yang jarang terjadi. Maka dari itu, keberadaan video dapat memberi bayangan kita bagaimana terjadinya bencana alam ini.

1. Tsunami Palu

Selain di Palu, terdapat 4 tsunami lain yang berhasil diambil videonya. Gelombang tsunami di mana aja sih?

Area tsunami Aceh (wikipedia.org)

2. Tsunami Aceh

Tsunami Aceh adalah bencana dengan korban terbanyak dalam sejarah manusia. Gelombang tsunami ini terhitung bencana trans-Samudra Hindia karena menggapai daerah Thailand, Sri Lanka, India, dan sebagian lainnya di pantai timur Afrika. Total korban dari sapuan gelombang besar ini sekitar 227.898 jiwa. Aceh sendiri menyumbang 167.540 jiwa. 

3. Tsunami Fukushima

Bencana ini bernama resmi Tsunami Tohoku. Tetapi kadang menjadi bencana Fukushima karena gempa yang mendahului tsunami menghancurkan Fukushima Daiichi Nuclear Power Plant Complex. Bencana bahkan bertambah parah karena kebocoran nuklir. Gempa ini sendiri menjadi gempa terbesar yang pernah tercatat oleh negara yang memang langganan gempa ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"