Benarkah Bersiul di Malam Hari Bisa Mengundang Kehadiran Hantu? Yuk, Cek Faktanya!

Benarkah Bersiul di Malam Hari Bisa Mengundang Kehadiran Hantu? Yuk, Cek Faktanya!

Ada banyak sekali mitos yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. Hanya saja, kita tidak tahu kebenaran atau fakta mengenai mitos yang beredar. Dengan kata lain, kita tidak tahu apakah mitos itu benar atau salah.

Mitos sendiri adalah bagian dari suatu folklor yang berupa kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional.

Sebenarnya bukan tanpa alasan, biasanya mitos yang beredar dibuat agar para kaum muda tidak sembrono kepada yang lebih tua alias leluhur serta tetap teguh memegang adat istiadat setempat. 

Ilustrasi Orang Bersiul (Indozone.id)

Salah satu mitos yang beredar dan dipercaya masyarakat adalah dengan bersiul ketika malam hari dapat mengundang kehadiran makhluk halus alias hantu. Menurut keyakinan dari masyarakat Jawa, suara siulan diyakini sebagai tanda untuk mendatangkan makhluk halus. 

Jika tiba-tiba kamu mendengarkan suara balasan, itu menjadi sebuah tanda bahwa ada makhluk yang merasa terganggu dan memberikan pertanda buruk. Waduh, serem banget, ya!

Meski demikian, terdapat satu alasan logis mengenai larangan bersiul di malam hari, yaitu apabila dilakukan dapat mengganggu tetangga yang sedang beristirahat di malam hari. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"