Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ada Pesan Moral di Balik Patung Hormat Jenderal Soedirman

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ada Pesan Moral di Balik Patung Hormat Jenderal Soedirman

Sebagai pahlawan nasional yang punya jasa besar bagi bangsa dan negara Indonesia. Tak heran jika ada banyak patung Jenderal Soedirman tersebar di berbagai kota dan daerah sebagai bentuk penghormatan. Tak jarang juga nama jalan yang menggunakan nama pahlawan ini.

Kamu yang tinggal di Jakarta juga tentu sudah tak asing dengan patung Jenderal Soedirman yang sedang hormat di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Patung ini memiliki tinggi keseluruhan sekitar 12 meter. Tinggi badan patung Jenderal Soedirman sendiri 6,5 meter dan penyangganya 5,5 meter.

Patung Soedirman di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta (m.rri.co.id)

Tapi tahu gak sih ges, ternyata ada pesan di balik sikap hormat dari patung Jenderal Soedirman itu lho! Mau tahu apa maknanya? Yuk, simak aja di bawah ini!

# Makna Patung Jenderal Soedirman yang Hormat

Makna patung Jenderal Soedirman yang dibuat sedang hormat tersebut bermakna sebuah penghormatan pada rakyat Indonesia.

Cucu Jenderal Soedirman menjelaskan, "Kebetulan beliau meninggal tahun 1950 usia 34 tahun, saat itu amanahnya masih ada di pundaknya. Ketika itu, bang Dedi di film Naga Bonar mengatakan bahwa turunkan tanganmu jenderal, kau gak layak hormat kepada siapapun juga, seperti itu. Namun buat kami malah terbalik, Soedirman akan hormat kepada rakyatnya."

Selain itu, sang cucu juga mengatakan bahwa eyang putrinya, yang adalah istri Jenderal Soedirman menitipkan amanah. Bahwa beliau ini cucunya membuat patung Jenderal Soedirman dengan gestur sedang memberi hormat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"