Belajar Memilah dan Mengelola Sampah Dimulai dari Mengenal 5 Jenis Utama Sampah Berikut Ini

Belajar Memilah dan Mengelola Sampah Dimulai dari Mengenal 5 Jenis Utama Sampah Berikut Ini

Sudah banyak berita soal kerusakan lingkungan akibat buruknya pengelolaan limbah atau sampah. Kalau kamu dengar atau baca berita tersebut tentunya sedih dong. Tapi alangkah baiknya, keprihatinan ini gak cuma dirasakan tapi juga bisa memecut semangatmu untuk berubah.

Udah saatnya kita gak cuma mengandalkan tukang sampah atau nunggu pemerintah bikin kebijakan baru soal pengelolaan sampah. Keburu sungai meluap lagi, atau lingkungannya tercemar lagi. Lebih baik mulai belajar memilah dan mengelola sampah bersama yuk!

Caranya, dengan belajar jenis-jenis sampah di bawah ini terlebih dahulu!

1. Sampah Padat

Sampah padat adalah berbagai barang yang ditemukan di rumahmu atau juga di lokasi komersial dan industri.

Sampah padat biasanya dipecah menjadi beberapa jenis berikut:

- Sampah plastik: Terdiri dari kantong, wadah, toples, botol, dan banyak produk lain yang bisa ditemukan di rumah Anda. Plastik tidak dapat terurai secara hayati, tetapi banyak jenis plastik yang dapat didaur ulang. Plastik tidak boleh tercampur dengan sampah biasa, plastik harus disortir dan ditempatkan di tempat sampah daur ulang.

Contoh sampah plastik (inews.id)

- Kertas: Ini termasuk bahan kemasan, koran, karton, dan produk lainnya. Kertas dapat dengan mudah didaur ulang dan digunakan kembali, jadi pastikan untuk menempatkannya di tempat sampah daur ulang atau bawa ke bank sampah terdekat.

- Kaleng dan logam: Kebanyakan logam dapat didaur ulang. Pertimbangkan untuk membawa barang-barang ini ke tempat pembuangan sampah atau bank sampah terdekat untuk membuang jenis limbah ini dengan benar.

- Keramik dan kaca: Barang-barang ini dapat dengan mudah didaur ulang. Cari tempat sampah daur ulang kaca khusus dan tempat penyimpanan botol untuk membuangnya dengan benar.

2. Limbah Cair



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"