Bekal Ramadan: Tips Mudik Bawa Anak Balita Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Bekal Ramadan: Tips Mudik Bawa Anak Balita Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Walau menjadi salah satu momen yang ditunggu, namun persiapan mudik kadang menjadi hal yang menyita tenaga dan pikiran, terlebih jika kamu berencana mudik bersama bayi atau balita. Bepergian bersama anak balita memang bisa menjadi pengalaman luar biasa dan membantunya mengeksplore lebih banyak hal. 

Meski demikian, orangtua memerlukan persiapan yang matang untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan mereka selama perjalanan. Jika tidak, bisa-bisa mereka malah rewel dan membuat perjalanan jadi kurang menyenangkan. Berikut beberapa tips mudik bawa anak balita yang bisa kamu lakukan: 

1. Cek Kesehatan Anak

Mudik Bersama Balita (via Tirto)

Sebelum berangkat, pastikan anak dalam kondisi sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Ini penting untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi yang baik untuk melakukan perjalanan jauh. Nggak cuma buah hati, orangtua juga perlu memastikan kesehatannya. 

2. Sesuaikan dengan Jam Tidur Bayi

Usahakan untuk merencanakan perjalanan sesuai dengan jadwal tidur bayi. Intinya, jangan sampai membangunkan atau membuat mereka terjaga saat jam tidur karena persiapan berangkat, pindah moda transportasi, dan lain-lain. Ini akan membantu mengurangi risiko ketidaknyamanan dan membuat mereka lebih tenang selama perjalanan.

3. Pilih Moda Transportasi yang Sesuai

Pilihlah moda transportasi yang nyaman dan aman bagi anak balita, seperti mobil pribadi dengan kursi keselamatan yang sesuai atau kereta api dengan fasilitas yang memadai untuk anak-anak. Jika perjalanan terlalu jauh, usahakan menggunakan moda dengan waktu tempuh paling singkat agar balita tidak kelelahan. Ingat bahwa kondisi fisik balita belum sekuat orang dewasa.

4. Pakai Baju yang Nyaman



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"