Bekal Ramadan: Ikut Mudik Gratis, Ini 4 Tips yang Wajib Diperhatikan Pemudik

Bekal Ramadan: Ikut Mudik Gratis, Ini 4 Tips yang Wajib Diperhatikan Pemudik

Mudik gratis merupakan salah satu cara yang diikuti pemudik agar bisa merayakan lebaran di kampung halaman tanpa biaya yang besar. Banyak perusahaan swasta atau instansi pemerintah yangmengadakan program mudik gratis setiap tahunnya. Nah, berikut beberapa tips mudik gratis yang harus diketahui pemudik.

1. Cari Informasi Pendaftaran 

Setiap instansi swasta atau pemerintah memiliki jadwal mudik gratis yang berbeda-beda. Makanya tentukan dulu ingin ikut program mudik gratis yang mana. Setelah itu cari informasi terkait pendaftarannya, sehingga tidak kehabisan kuota karena jumlah pemudik cukup terbatas.

2. Pilih Transportasi

Mudik gratis biasanya memang menggunakan bus. Namun ada juga program mudik gratis memakai transportasi kereta api hingga kapal laut. Pilihlah moda transportasi yang membuat nyaman di perjalanan. Jangan sampai karena ingin cepat daftar malah salah dalam memilih transportasi tersebut.

Tips Mudik Gratis (Bisnis.com)

3. Membawa Barang Seperlunya

Ingat mudik gratis berarti kamu tidak mudik sendirian atau hanya dengan keluarga saja. Tetapi banyak pemudik lain yang mungkin bisa berjumlah ratusan atau ribuan. Makanya karena ramai pemudik usahakan membawa barang secukupnya saja.

Jangan lupa untuk membawa dokumen penting sebagai syarat yang mungkin diminta sebagai peserta mudik gratis. Bawa juga obat-obatan dan menghindari pemakaian perhiasan yang bisa mengundang aksi kejahatan.

4.Mengikuti Arahan Petugas

Namanya mudik gratis pasti ada saja kendala di lapangan. Jangan pernah kesal dan menunjukkan kekecewaan. Sudah bersyukur dapat program mudik gratis. Ikuti arahan petugas untuk proses keberangkatan. Tanya juga semua informasi mudik gratis kepada petugas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"