Bekal Ramadan: Cara Mengajarkan Anak Berpuasa dengan Mudah dan Tanpa Drama

Bekal Ramadan: Cara Mengajarkan Anak Berpuasa dengan Mudah dan Tanpa Drama

Adakah dari kalian yang saat ini sedang berusaha memperkenalkan puasa pada buah hati? Memang, mengajarkan anak untuk berpuasa merupakan bagian penting dari pendidikan agama dalam keluarga Muslim. Namun tak bisa dipungkiri bahwa hal ini tak selalu mudah. Paralovers perlu melakukan pendekatan yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa si kecil memahami dan melaksanakan puasa dengan baik. Agar tidak repot, coba simak cara mengajarkan anak berpuasa berikut ini:

1. Lakukan di Usia yang Tepat

1. Lakukan di Usia yang Tepat Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via Dancow)

Perlu dipahami bahwa puasa belum diwajibkan bagi anak-anak yang belum mencapai usia pubertas. Namun, mengenalkan anak pada konsep puasa secara bertahap akan membantu memberikan pondasi yang kuat. Lakukan pengenalan sejak usia 6-7 tahun, di mana daya pikir pikir mereka sudah berkembang pesat dan dapat menerima informasi dengan baik. Dengan demikian, ini dapat membantu mereka memahami nilai dan makna dari ibadah tersebut.

Berikan Pemahaman Tentang Puasa

Berikan Pemahaman Tentang Puasa Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via Kapanlagi Plus)

Selain melakukan di usia yang tepat, pastikan kamu lebih dulu memberikan pemahaman dan informasi tentang puasa. Jelaskan kepada anak tentang arti dan tujuan dari puasa. Ajarkan mereka bahwa puasa adalah bentuk pengendalian diri dan pengorbanan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Terlepas dari itu, puasa juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"