Begini Sejarah Uang Elektronik yang Merupakan Terobosan Paling Mutakhir di Bidang Perekonomian

Begini Sejarah Uang Elektronik yang Merupakan Terobosan Paling Mutakhir di Bidang Perekonomian

Kamu sekarang bisa merasakan nyamannya bertransaksi cashless atau nontunai berkat sebuah teknologi e-money.

Tapi sudah tahu belum ges, bagaimana sebenarnya sejarah penemuan uang elektronik yang saat ini banyak memudahkan kita bertransaksi, Khususnya para ekonom? Kalau belum, yuk simak sama-sama kisah sejarah penemuan uang elektronik berikut ini!

# Ide Uang Digital Diperkenalkan AKhir Abad Ke-20

Uang elektronik ini sebenarnya bukan hal yang sepenuhnya baru. Sebab di akhir abad ke-20, ide tentang uang digital ini sudah diperkenalkan oleh ilmuwan komputer dan kriptografer Amerika bernama David Chaum.

Sosol David Chaum, ilmuwan komputer dan kriptografer Amerika (cwi.nl)

David Chaum adalah orang yang menemukan tanda tangan digital seperti kriptografi yang dipakai dalam pesan email. Ia juga yang membuat karya berjudul “Untraceable Electronic Mail, Return Addresses, and Digital Pseudonyms” di akhir 1980-an yang menjadi landasan kemudahan transaksi di masa depan.

Penemuan Chaum inilah yang kemudian membuat masyarakat modern kini bisa memperoleh uang digital dari bank dan menggunakannya untuk belanja tanpa bisa dilacak oleh bank atau pihak lain. Kemudian di tahun 1988, Chaum mengembangkan ide ini untuk memungkinkan transaksi yang memungkinkan deteksi pembelanjaan.

# DigiCash Muncul untuk Mengkomersialkan Ide Uang Elektronik

Pada tahun 1990, Chaumm kemudian mendirikan perusahaan uang elektronik bernama DigiCash. Perusahaan ini menawarkan aplikasi uang elektronik yang tujuannya menjaga anomimitas pengguna.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"