Begini Sejarah Berdirinya Babinsa TNI, Lahir di Orde Lama Namun Eksis di Orde Baru

Begini Sejarah Berdirinya Babinsa TNI, Lahir di Orde Lama Namun Eksis di Orde Baru

Kepala Staf TNI Angkatan Darat atau KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman ingin membangkitan semangat Babinsa TNI  atau Bintara Pembina Desa (Babinsa). Babinsa akan dimaksimalkan untuk mengantisipasi gerakan radikalisme. 

Lalu seperti apa sejarah Babinsa di Indonesia? Dilansir dari Kompas.com, Babinsa terbentuk pada 1963 ketika pemerintahan Orde Lama yang dipimpin Presiden Soekarno masih berkuasa di Indonesia.

Saat itu Babinsa masih disebut sebagai Bintara Pembina. Babinsa muncuk karena faktor politik yang saat itu sedang panas dan berkecamuk di sebagian wilayah Indonesia. Kebetulan tahun 1963 sudah banyak paham komunisme yang mulai masuk di Indonesia, maka Soekarno kala itu meminta Babinsa untuk mencegah penyebaran komunisme.

Babinsa TNI (Merdeka)

Jika Babinsa berfungsi mencegah komunisme di era orde lama, namun berbeda saat pemerintahan orde baru atau saat Soeharto memimpin. Babinsa menjadi alat politik yang sangat penting. 

Misalnya ketika Babinsa diminta mengkordinasikan Partai Golongan  Karya atau Golkar saat memasuki masa kampanye hingga Pemilihan Umum atau Pemilu. Pernah juga ada anggota Babinsa yang gugur ketika mengantarkan logistik untuk kampanye Partai Golkar Belum tahu siapa sosok yang diduga membunuh anggota Babinsa tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"