Begini Perawatan Mobil Matic yang Perlu Diketahui, Biar Mesin Nggak Cepat Rusak

Begini Perawatan Mobil Matic yang Perlu Diketahui, Biar Mesin Nggak Cepat Rusak

Mobil matic atau mobil dengan transmisi otomatis adalah jenis kendaraan yang menjadi favorit pengendara karena cara mengemudikan cukup mudah, cukup menginjak pedal gas dan rem tanpa mengubah gigi dan menginjang kopling. Biar kondisi mobil stabil, perawatan mobil matic  harus sering dilakukan.

Apalagi jika mobil yang memiliki fitur transmisi P-R-N-D-D3-D2-L ini membuat kaki pengemudi lebih rileks dan tidak cepat lelah ketika melewati jalan yang macet. Cara merawat mobil matic sebenarnya cukup mudah kok, bahkan bisa dilakukan di rumah, tak harus ke bengkel.

1. Panaskan Mesin Mobil dengan Rutin

Memanaskan kondisi mesin setiap hari menjadi bentuk cara merawat mobil matic paling sederhana. Meski terkesan ringan, namun jika mesin mobil jarang dipanaskan bisa membuat mesin alami gangguan. Rutin memanaskan mesin mobil membuat oli mesin tetap merata ke seluruh komponen mesin. Memanaskan mesin mobil bisa dilakukan di rumah.

Memanaskan Mesin Mobil Matic (Kompas Otomotif)

2. Ganti Oli Mesin 

Nah mengganti oli mesin mungkin bisa dilakukan di bengkel. Cara merawat mobil matic berbagai tipe seperti CVT maupun diesel serta berbagai merek seperti Toyota Avanza, Honda Brio, dan Daihatsu Ayla. Dalam mengganti oli mesin usahakan dilakukan rutin setiap 25 ribu KM atau 50 ribu KM. Pilihlah oli yang berkualitas baik.

3. Mengecek Kondisi Transmisi  Mobil Matic

Pada mobil matic, transmisi adalah hal penting, Dalam merawat transmisi mobil matic bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Misalnya mengganti oli transmisi dengan teratur Oli transmisi bisa diganti setiap mobil menemupuh jarak 80 ribu – 100 ribu KM. Mengecek bagian gearbox secara berkala bisa dilakukan karena siapa tahu mobil tersebut pernah dipakai oleh orang yang terbiasa mengemudikan mobil manual sehingga kadang mengoperasikan transmisi dengan tidak benar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"