Begini Deretan Aksi Teror yang Terjadi Sebelum Adanya Serangan di Mabes Polri

Begini Deretan Aksi Teror yang Terjadi Sebelum Adanya Serangan di Mabes Polri

Di area Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021) terdengar suara tembakan tepatnya sekitar pukul 16.30-16.45 WIB. Tampak seorang wanita berjilbab yang mengenakan gamis ikut terlibat dalam penembakan dengan petugas di pos gerbang Mabes Polri.

Pelaku teror tersebut berinisial ZA (25), yang belakangan diketahui berideologi radikal dan simpatisan ISIS. Dia masuk melalui pintu khusus pejalan kaki di Mabes Polri dan sempat mengelabui petugas pos jaga.

Pelaku tersebut berinisial ZA (25) yang belakangan ini diketahui berideologi radikal dan simpatisan ISIS. Ia pun masuk melalui pintu khusus pejalan kaki di Mabes Polri dan sempat diantar oleh petugas hingga ia berjalan ke area Rupatama Mabes Polri.

Tak lama, ZA kembali melakukan enam tembakan ke arah petugas, lalu polisi melumpuhkannya dengan timah panas hingga tewas.

Ternyata, kejadian ini bukanlah serangan teror pertama yang ditujukan kantor kepolisian. Berikut adalah deretan teror yang menimpa kantor polisi sebelum kejadian di Mabes Polri.

# Polresta Cirebon 

Tepat pada tanggal 15 April 2011, telah terjadi bom bunuh diri di Masjid At-Taqwa, kantor Polresta Cirebon, Jawa Barat. Pengeboman terjadi sebelum jemaat masjid melaksanakan salat Jumat, yaitu pukul 11.45 WIB.

Dari kejadian tersebut, telah tercatat ada 26 orang yang terluka, dimana sebagian besar jemaat di masjid tersebut merupakan anggota kepolisian.

# Pos Polisi Thamrin

Aksi pengeboman di Pos Polisi Thamrin (okezone.com)

Berikutnya adalah terjadinya ledakan bom bunuh diri yang berlokasi di pos polisi perempatan Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Kejadian tersebut berlangsung tepat pukul 10.55 WIB, pada 14 Januari 2016.

Ledakan ini mengakibatkan 5 orang korban. Dan ini merupakan rangkaian dari peristiwa teror di Sarinah yang sebelumnya sempat terjadi ledakan bom di keda kopi yang jaraknya dekat dengan pos polisi.

# Mapolda Riau

Di Mapola Riau pada 16 Mei 2018, terjadi suara tembakan setelah tabligh akbar yang diadakan di halaman kantor Gubernur Riau.

Pelaku saat itu diduga mengendarai sebuah mobil, lalu tiba sekitar pukul 09.00 WIB dan menabrak gerbang Mapolda Riau. Dalam peristiwa ini, ada lima orang yang meninggal, empat diantaranya adalah pelaku dan sisanya merupakan polisi yang sedang bertuga.

# Mapolrestabes Surabaya



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"