Begini Cara Ubah Limbah Kulit Kerang Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Begini Cara Ubah Limbah Kulit Kerang Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Limbah kerang dianggap tidak memiliki nilai jual, karena dianggap sebagai barang kotor, bau, dan tidak memiliki manfaat, dan tidak berguna. Di tangan seorang artisan atau pengrajin, limbah kulit kerang ini bisa menjadi sebuah kerajinan ber nilai jual

Seperti yang dikutip dari jurnal Pengolahan Kulit Kerang untuk Bahan Baku Kerajinan (2009) karya Endang Pristiwati, Subagjo, kulit kerang (cangkang) untuk dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan perlu diolah terlebih dahulu.

Pengolahan ini bertujuan untuk membershikan kotoran dan bau kerang yang amis serta menghilangkan lapisan kulit agar lapisan kulit mutiara yang terletak di dalam menjadi terlihat.

Pembersihannya pun mudah, bisa direndam dalam larutan asam klorida atau cuka. Jika bahan kimia ini sulit didapat anda masih bisa menggunakan gerinda untuk membersihkan lapisan luar dari kulit kerang ini.

Kulit kerang merupakan bahan yang memiliki kandungan mineral dan karbonat yang tinggi, sifatnya keras sehingga memakan waktu lama untuk kulit kerang ini hingga terurai.

Jika kulit kerang ini dibuang terus menerus tanpa adanya pengolahan yang tepat, akan menimbulkan gangguan pada ekosistem karena menyebabkan lingkungan tidak berfungsi seperti semula.

Limbah ini bahkan mampu menembus pasar ekspor jika diolah menjadi sebuah kerajinan, salah satu kerajinan kulit kerang antara lain adalah hiasan dinding, kerangka lampu, dan bahkan terkadang dipakai aksesoris seperti liontin kalung atau bahkan bandul telinga.

Ukuran kulit kerang pun bermacam-macam, ada yang kecil, besar, sedang, atau bahkan dalam bentuk terpecah-pecah. Dari ukuran yang bervariasi ini kita kelompokkan agar kemudian bisa dibuat untuk kerajinan. Berikut adalah contoh penggunaan kulit kerang sebagai kerajinan.

1. Lampu tidur

https://th.bing.com/

Seperti yang kita lihat, kerajinan ini menggunakan kerang berukuran sedang yang direkatkan satu sama lain untuk membentuk sebuah kap lampu, tapi kerajinan seperti ini akan lebih mudah jika kita memanfaatkan kulit kerang yang bentuknya pipih dan berukuran sedang.

2. Tirai Kulit kerang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"