Begini Cara Astronaut Mandi di Luar Angkasa

Begini Cara Astronaut Mandi di Luar Angkasa

Astronaut yang sedang menjalani misi di luar angkasa tetap menjaga kebersihan. Mereka pun rutin untuk mandi atau membersihkan tubuhnya. Cara astronaut mandi di luar angkasa pasti banyak yang nggak tahu kan? Memangnya di luar angkasa ada kamar mandi?

Seorang mantan astronaut NASA bernama Mike Massimino menyebut seorang astronot tetap harus menjaga kebersihan tubuhnya. Makanya teknik mandi atau membersihkan badan harus dilakukan dengan baik dan benar.Jangan sampai salah dan malah membuat kondisi astronaut tidak baik. Tentu perlu latihan lebih dulu sebelum melakukan di luar angkasa.

Menurutnya di dalam pesawat luar angkasa terdapat sebuah ruangan kecil yang berfungsi sebagai kamar mandi dadakan. Nama ruangan itu Waste Containment System atau WCS. Bentuk ruangan itu hanya bilik kecil yang memiliki pembatas bukan dalam bentuk pintu melainkan kain. Di dalam WCS terdapat air yang mengucur dari shower.

Cara Astronaut Mandi di Luar Angkasa (IDN Times)

Cara astronaut mandi di luar angkasa juga tidak bisa sembarangan dalam menggunakan air. Astronaut harus menghemat air. Astronaut saat mandi menggunakan spons saat membersihkan diri. Spons ini akan diberikan sabun untuk dipakai membersihkan badan. Cara ini dianggap layak oleh astronaut untuk mandi.

Saat tubuh sudah diolehi spons sabun cair, astronaut cukup membilasnya dengan 12 gelas air bertekanan yang masuk melalui selang dan pancuran. Seperti orang mandi, astronaut akan mengeringkan tubuh mereka dengan handuk dan menyedot tiap tetesan air sebelum masuk ke peralatan dan mengeluarkan sesuatu. Proses mandi astronaut kabarnya memakan waktu dua jam.

Banyak yang penasaran dengan kegiatan astronaut di luar angkasa. Salah satunya tentang makanan astronaut. Salah satu astronaut ISS bernama Megan McArthur pernah membagikan gambar bersama teman-temannya sedang makan malam di dalam stasiun luar angkasa.

Dalam gambar yang beredar, terlihat para astronaut sangat menikmati makan malam di luar angkasa. Mereka menggunakan meja kecil dan duduk berdekatan sembari membahas banyak hal. Menu makan malam yang dikonsumsi para astronot adalah keju dan hummus, brownies dan buah-buahan, keju, dan macaroni.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"