Bedanya Istana Negara dan Istana Merdeka, Awas Ketukar!

Bedanya Istana Negara dan Istana Merdeka, Awas Ketukar!

Istana Negara dan Istana Merdeka merupakan Istana Kepresidenan di Indonesia. Istana Negara dan Istana Merdeka adalah bangunan yang berbeda meskipun dianggap sama karena sama-sama berada di satu kawasan. Memang apa saja sih bedanya Istana Negara dan Istana Merdeka.

Pertama tentang Istana Negara. Istana Negara adalah bangunan yang terletak di Jalan Veteran dan menghadap ke Sungai Ciliwung. Istana ini membelakangi Istana Merdeka yang berada di bagian depan dan terlihat dari Monumen Nasional atau Monas karena berada di Jalan Medan Merdeka Utara.

Yang jadi pembeda berikutnya adalah di halaman Istana Negara ada patung pemanah, air mancur, dan dua pohon beringin. Jika diperhatikan desain arsitektur Istana Negara membentuk lobi tertutup dengan pilar yang dihubungkan dengan sebuah pagar.

Bedanya Istana Negara dan Istana Merdeka (Kompas.com)

Istana Negara punya fungsi yang beda dengan Istana Merdeka. Istana Negara biasanya digunakan untuk beberapa kegiatan presiden seperti jamuan makan kenegaraan, pelantikan menteri, pembukaan musyawarah, dan kegiatan rapat kerja nasional.

Dari gambar desain, Istana Merdeka beda dengan Istana Negara. Halaman depan Istana merdeka punya air mancur dan sering digunakan untuk peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus . Di bagian depan lobi terbuka dengan pilar dan anak tangga di bagian depan.

Fungsi Istana Merdeka biasanya untuk acara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia, menyambut tamu negara, dan menyerahkan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat. Memang Istana Merdeka lebih sering dilewati orang-orang karena tempatnya lebih strategis dibandingkan Istana Negara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"