Beda Baking Soda dan Baking Powder? Calon Menantu Idaman Harus Tahu

Beda Baking Soda dan Baking Powder? Calon Menantu Idaman Harus Tahu

Halo sist dan gaes, tentunya dalam berproses menjadi seorang menantu yang baik kita perlu paham tentang masalah bumbu-bumbu dapur, terlebih lagi buat kaum hawa.

Bakalan malu banget kalau pas sedang masak sama calon mertua tapi kita gak tau soal perbedaannya. Apalagi soal beda baking soda dan baking powder. Itu sering banget salahnya gengs. Hal itu sering banget terjadi di kota-kota besar deh, wkwkw!

Beda baking soda dan baking powder (dollargeneral.com)

Kandungan bahan

Tau gak sih, baking soda merupakan bahan pengembang kue yang mengandung 100% zat kimia bernama natrium bikarbonat/sodium bikarbonat. 

Nah, kalau baking powder, selain mengandung bahan kimia yang sama, juga mengandung beberapa komponen bahan lain seperti cream of tartar (bersifat asam) dan bahan pengering. Jadi ada bedanya kan?

Fungsi bahan

Walau kelihatanya sama-sama berfungsi sebagai pengembang kue, tapi baking soda dan baking powder gak bisa sembarangan digunakan lho gengs.

Pasalnya, baking soda paling cocok digunakan pada kue yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Sedang baking powder lebih baik digunakan pada jenis kue kering yang gak mengandung asam.

Beda baking soda dan baking powder (rojakmedia.net)

Penggunaan pada adonan 

Kalau kamu membuat adonan kue yang mengandung bahan asam seperti susu, cokelat, yogurt, dan buttermilk, sebaiknya menggunakan baking soda sebagai pengembang deh gengs.

Soalnya, apabila kita tambahkan ke dalam adonan, maka reaksi kimia akan segera terjadi seiring dengan kenaikan suhu. Sehingga kamu kudu segera memanggang atau mengukus adonan kue yang menggunakan bahan pengembang ini. 

Kalau untuk adonan kue yang tidak mengandung bahan asam, gunakan baking powder sebagai pengembangnya gengs. 

Ada 2 jenis baking powder yang beredar di pasaran, yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder gengs. 

Adonan kue yang menggunakan double-acting baking powder biasanya akan tetap mengembang bila dikukus/dipanggang walaupun sempat ‘berada di ruangan’ dalam waktu lama. 

Beda cerita sama adonan dengan single-acting baking powder yang akan gagal mengembang kalau gak segera masuk oven atau dikukusan.

Bedanya baking soda dan baking powder (fimela.com)

Perbedaan pengaruh rasa

Kue yang pakai baking soda sebagai bahan pengembang, biasanya akan memiliki rasa yang rada pahit sedikit. 

Sedangkan untuk kue yang menggunakan baking powder, tidak akan menimbulkan rasa pahit walaupun penggunaannya cukup banyak.

Nah jadi sekarang sudah pada tau kan soal beda baking soda dan baking powder? Nah kalau begitu gak usah bingung lagi ya gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"