Beberapa Perbedaan antara Perempuan dan Laki-Laki yang Jarang Kalian Sadari ...

Beberapa Perbedaan antara Perempuan dan Laki-Laki yang Jarang Kalian Sadari ...

Segala sesuatu yang sama di dunia ini juga pasti punya perbedaan deh. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Bukan cuma soal fisik dan jenis kelamin aja, ada banyak loh. Bahkan jarang kalian sadari deh.

Dalam hal perbedaan, sains telah membuktikan ada beberapa perbedaan biologis dan genetik yang signifikan antara kaum Adam dan kaum Hawa.

Nah, seperti dilansir IDN Times, simak deh perbedaan antara perempuan dan laki-laki berikut ini.

Cowok dan cewek melihat hal secara berbeda (abcnews.go.com)

1. Melihat secara berbeda

Laki-laki dan perempuan emang beda dalam hal melihat berbagai hal. Laki-laki memiliki retina yang lebih tebal dan sel M yang lebih besar daripada perempuan. Sel M bertanggung jawab untuk melacak pergerakan objek.

Kalo perempuan lebih banyak sel P-nya, dan sel itulah yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi objek dan menganalisis tekstur dan warna.

2. Yang satu tenang, yang satu agresif

Stres bisa melanda siapa saja. Dan ketika itu terjadi, baik cowok atau cewek sama-sama melepaskan hormon oksitosin. Namun, hormon estrogen yang dimiliki perempuan bakal bergabung dengan oksitosin untuk menciptakan efek tenang.

Sementara cowok dengan hormon testosteronnya yang bergabung dengan oksitosin tadi malah jadi lebih agresif.

Cara keduanya berekspresi juga beda-beda pastinya (havingtime.com)

3. Soal wajah dan objek bergerak

Pada bulan-bulan pertama kehidupan bayi perempuan dalam kandungan, kontak mata mereka akan meningkat lebih dari 400 persen. Sementara bayi laki-laki sebaliknya, peningkatannya jauh lebih rendah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 100 bayi pada hari kelahiranya, bayi perempuan didapati lebih suka melihat wajah wanita muda, sedangkan bayi laki-laki lebih suka pada objek yang bergerak.

4. Kemampuan pendengaran

Anak perempuan ternyata punya 11 persen lebih banyak neuron daripada anak laki-laki di pusat otaknya. Inilah yang akan mengontrol bahasa dan pendengaran.

Bukan cuma cewek yang mendengar lebih baik daripada cowok. Perempuan ternyata juga bisa membedakan lebih baik antara nada emosi yang lebih kompleks. Tangisan misalnya.

Perbedaan fisik emang udah terlihat, tapi masih banyak yang belom terlihat (medicaldaily.com)

5. Penyimpanan lemak di tubuh

Nah ini nih, kalian harus tau. Perempuan ternyata direkayasa secara genetis untuk membawa lebih banyak lemak daripada laki-laki. Lemak dalam tubuh perempuan biasa tersimpan dalam pinggul, paha, pantat, dan perut bagian bawah.

Kalo cowok lebih banyak tersimpan di tubuh bagian atas, terutama perut. Makanya nggak heran deh banyak banget cowok "hamil". Hehehe.

6. Merasakan sakit lebih banyak

Perempuan benar-benar merasakan sakit lebih banyak ketimbang laki-laki. Saat mengalami rasa sakit itu, bagian amigdala kiri di dalam otak perempuan yang terkait dengan persepsi nyeri lebih aktif. Sementara kalo laki-laki yang merasakan sakit, amigdala kanannya yang aktif.

Beberapa kemampuannya pun beda-beda (stocksy.com)

7. "Pendengaran yang tidak diinginkan"

Dalam perkembangan janin laki-laki, testosteron berdampak pada pembentukan sistem pendengaran. Itulah yang menyebabkan otak untuk memblokir suara yang tidak diinginkan dan suara yang berulang.

Coba aja perdengarkan sesuatu yang dikatakan beberapa kali atau berulang-ulang, otak laki-laki akan mendaftarkan hal itu sebagai "pendengaran yang tidak diinginkan". Karena itu, laki-laki nggak akan benar-benar mendengarkannya.

Di sisi lain, perempuan nggak punya keterampilan ini.

8. Nggak tidur, ya nggak masalah ...

Sebuah penelitian dari Duke University, Amerika Serikat, mengungkap bahwa laki-laki lebih mampu menoleransi tidur daripada perempuan. Ketika perempuan nggak mendapatkan tidur yang cukup, mereka bisa menderita secara mental dan fisik.

Perempua juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, depresi, dan pembekuan darah. Sementara laki-laki miliki konsekuensi yang lebih kecil akan hal ini.

Perempuan lebih banyak merasakan sakit daripada laki-laki (huffpost.com)

9. Fisik dan verbal

Laki-laki cenderung mengekspresikan kemarahannya secara fisik. Sementara perempuan mengungkapkannya secara verbal. Ini terjadi lantaran jalur marah seorang laki-laki terkait langsung dengan area otak untuk tindakan fisik. Sedangkan seorang perempuan lebih terkait erat dengan area fungsi verbalnya.

10. Soal sedih, nggak sesedih itu kok

Hormon dalam tubuh perempuan yang menghasilkan ASI juga menghasilkan air mata. Karena itu, perempuan secara alami memiliki lebih banyak hormon daripada laki-laki.

Tubuh perepuan juga menghasilkan air mata lebih mudah ketimbang laki-laki. Bahkan, beberapa perempuan memiliki kadar hormon yang lebih tinggi. Itulah yang membuat perempuan lebih gampang menangis pada stimulasi yang kecil sekalipun. Dan itu bukan berarti karena mereka sedih.

(femalefirst.com)

11. Tangan yang lebih terampil

Anak-anak perempuan mengembangkan keterampilan motorik halusnya lebih awal daripada anak-anak laki-laki. Itulah yang membentuk stereotipe bahwa perempuan memiliki tulisan tangan yang lebih rapi ketimbang tulisan laki-laki.

Cara cowok dan cewek dalam memegang alat tulis juga berbeda kok. Dan itulah yang mempengaruhi keterampilan motorik saat menulis.

12. Kulitnya lebih tipis

Perempuan ternyata memiliki kulit yang lebih tipis daripada laki-laki. Makanya, perempuan lebih rentan untuk membentuk garis dan keriput karena kehilangan kolagen dari penuaan. 

Sementara laki-laki memilki kepadatan kolagen yang lebih tinggi, yang membuat mereka terlihat lebih awet muda gengs.

Jadi, itulah beberapa perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang cukup penting untuk diketahui. Semua ada kelebihan dan kekurangan dan kelebihannya kan ....

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"