Bahayanya Gak Main-Main, Bahan Peledak Bom Gereja Katedral Makassar Ternyata Bisa Dibeli Online!

Bahayanya Gak Main-Main, Bahan Peledak Bom Gereja Katedral Makassar Ternyata Bisa Dibeli Online!

Kabar menghebohkan datang dari Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu 28 Maret 2021 kemarin. Sebuah ledakan yang diduga dari bom bunuh diri terjadi di depan Gereja Katedral Makassar.

Akibat peristiwa ini, belasan orang mengalami luka-luka, sementara itu pelaku bom bunuh diri tewas di tempat, bahkan masih menyatu dengan motor.

"Kalau dilihat dari TKP yang ada, jasad yang ada dan kendaraan menyatu. diduga belum turun karena sempat ditahan petugas keamanan," ucap Merdisyam melalui Kompas TV.

# Bahan Peledak untuk Bom Bunuh Diri Bisa Dibeli Online

Tentang TATP (triacetone triperoxide) (pustakadigitalindonesia.blogspot.com)

Yang tak kalah mengagetkan. Menurut Pengamat Terorisme Universitas Indonesia (UI) Ridwan Habib, bahan peledak yang digunakan untuk merakit bom bunuh diri tersebut ternyata dijual bebas dan dapat dibeli secara online.

Ridwan Habib mengungkapkan bahwa bahan peledak yang digunakan oleh pelaku bom bunuh diri tersebut menggunakan bahan peledak berjenis TATP (triacetone triperoxide).

Penilaian tersebut didasarkan pada pengamatan api yang menyala atau flare. Juga kualitas asap yang diamati dari sejumlah video yang beredar di jagad media sosial.

Dari situ Ridwan menyimpulkan bahwa dari segi kepadatan bahan peledaknya, jenis bom TATP bisa dibeli secara online.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"