Bahan-Bahan Slime, Mudah Dicari dan Gampang Dibikin

Bahan-Bahan Slime, Mudah Dicari dan Gampang Dibikin

Beberapa tahun ini, "Slime" muncul sebagai mainan anak-anak yang cukup populer. Untuk mendapatkannya pun mudah, kamu bisa membeli di toko atau melalui online shop.

Selain itu, untuk mengisi waktu, kamu pun bisa bikin sendiri di rumah. Cukup beli bahan-bahan Slime yang dibutuhkan, lalu ikuti petunjuk dari video yang bisa kamu cari di platform YouTube.

Penasaran dan pengin bikin sendiri Slime di rumah bersama anak atau saudara? Nggak perlu risau. Cukup ikut aja cara membuat slime yang ada di bawah. Namun sebelumnya, kuy kenali dulu apa itu Slime.

Apa itu Slime?

Dari segi bahasa, Slime berasal dari bahasa Inggris yang berarti lendir atau lumpur. Pasalnya, bentuk dari SLime dan teksturnya memang menyerupai lumpur. Yang membedakan hanyalah Slime itu sendiri bisa berwarna-warni.

Anak bermain slime (youtube.com)

Untuk memainkannya, anak-anak biasanya bikin aneka bentuk atau wujud dari Slime. Teksturnya yang kenyal menjadikan Slime sebagai mainan anak-anak yang aman kalo dimainkan. Selain itu, juga bisa merangsang daya imajinasi juga, lho.

Cara membuat slime bening

Biasanya kita melihat slime berwarna-warni. Ragam warna itulah salah satu faktor yang menjadikan anak-anak suka memainkannya. Akan tetapi, kamu juga bisa bikin sendiri slime bening, lho.

Bahan yang dibutuhkan yakni: 

 - 1 sendok teh Slime Activator

 - 1 tube lem bening (jangan gunakan lem UHU)

 - 1 sendok teh Gom

 - garam secukupnya

 - 1 gelas air hangat

Slime bening (vemale.com)

Cara membuatnya:

 - Pertama-tama, masukkan lem ke dalam baskom, lalu tambahkan garam, air hangat. Jika sudah, aduk merata hingga garam larut seluruhnya.

 - Tambahkan Gom 2-3 tetes, aduk merata sampai menggumpal.

 - Kalo masih belum menggumpal, tambahkan lagi gom.

 - Terakhir, tambahkan 1 atau 2 tetes slime activator hingga slime tersebut nggak lagi menempel pada wadah.

Cara membuat slime tanpa gom

Tahun 2017 lalu sempat beredar kabar kalo GOM,  juga dikenal sebagai boraks gliserin, memiliki dampak berbahaya bagi anak-anak.

Eits, tenang saja. Ada juga lho cara membuat slime tanpa menggunakan gom. Ini bahan-bahan slime dan cara yang harus kamu ikuti.

Bahan-bahan slime yang harus disiapkan:

 - Minyak goreng

 - 400 mL air bersih

 - Pewarna makanan, sesuai selera

 - 2 gelas tepung kanji

Mainan slime (entertainyourtoddler.com)

Cara membuatnya:

 - Pertama, masukkan tepung kanji ke dalam baskom. Lalu, tambahkan air secara perlahan sambil diaduk. Pastikan kamu mengaduk bahan ini menggunakan tangan atau sendok, ya. Biar nggak menggumpal.

 - Setelah itu, tambahkan minyak goreng. Aduk terus sampai teksturnya jadi kenyal. Kalo sudah, tambahkan aja pewarna makanan.

 - Terakhir, diamkan slime yang kamu bikin selama beberapa saat. Kamu pun siap membiarkan anak memainkan slime.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"