Bagian-Bagian Tubuh Manusia Ini Punya Fungsi, Tapi Jarang Kita Perhatikan Gengs...

Bagian-Bagian Tubuh Manusia Ini Punya Fungsi, Tapi Jarang Kita Perhatikan Gengs...

Bagian-bagian tubuh manusia ini punya fungsinya sendiri-sendiri. Tapi, jarang kita perhatikan gengs. Mana aja sih?

Bagian-bagian tubuh manusia ini punya fungsi lho gengs. Namun sayang, mungkin banyak di antara kita gak memperhatikannya. Sebagian dari kita mungkin juga menganggap bagian tubuh itu gak berguna.

Nah, jangan salah gengs. Nyaris tidak ada sesuatu di dunia ini yang diciptakan tanpa fungsi tertentu. Bagian tubuh yang kurang diperhatikan ini punya fungsi juga.

Dilansir dari Liputan6.com, bagian-bagian tubuh manusia ini punya fungsi, tapi jarang kita perhatikan gengs. Simak deh....

1. Alis

1. Alis Alis, alis, alis... (pandora.com.do)

Alis adalah bagian tubuh manusia yang jarang kita perhatikan. Fungsinya jelas melindungi mata dari butiran debu (*haisss). Nah, alis merupakan faktor penting dalam pengenalan wajah seseorang.

Penelitian di Massachussetts Institute of Technology (MIT) mengidentifikasi foto dari 50 wajah orang terkenal. Tetapi, mata orang-orang itu dihilangkan secara digital.

Partisipan yang diminta untuk mengenali wajah-wajah itu hanya bisa mengenali sekitar 60 persennya saja. Sementara ketika alis matanya "ditiadakan", partisipan hanya bisa mengenali sebanyak 46 persen aja. Jadi alis itu penting gengs. Ngalis, ngalis~

2. Bulu ketiak

2. Bulu ketiak Julia Roberts dan bulu ketiaknya~ (elmundo.es)

Namanya juga bulu ketiak, ya tumbuhnya di area ketiak lah ya. Katanya, rambut yang tumbuh di area itu punya kaitan erat dengan penyebaran bau alami tubuh. Terutama untuk menarik pasangan.

Rambut di area situ tumbuh di atas kelenjar keringat. Nantinya akan menghasilkan aroma tertentu dari tubuh. Konon, orang-orang jaman purba terpikat karena bau khasnya.

Sayangnya, rata-rata orang, khususnya perempuan jaman sekarang, biasanya malah mencukur bulu-bulu ketiaknya. Padahal, indikasi sinyal seksual juga berasal dari bagian tubuh ini. Jadi ada fungsinya juga kan tuh bulu ketiak?!

3. Uvula

3. Uvula Uvula di tengah rongga mulut, itu tuh yang menggantung (medicalnewstoday.com)

Namanya agak asing sih buat orang kebanyakan. Tapi bagian tubuh manusia ini merupakan jaringan lunak kecil yang menggantung di tenggorokan. Tepat di atas lidah kita.

Menurut para ahli, uvula hanya dimiliki manusia. Organ dalam ini membantu nenek moyang termasuk kita juga untuk... b-i-c-a-r-a. Selain itu, uvula juga memungkinkan manusia untuk minum sambil membungkuk di air.

Uvula punya fungsi utama, yaitu mengeluarkan sejumlah besar air liur. Uvula juga dikaitkan dengan proses mendengkur waktu tidur.

Menurut penelitian di Italia, orang-orang yang mendengkur saat tidur memiliki lebih sedikit saraf di uvulanya ketimbang yang tidak mendengkur.

4. Tonsil, atau amandel

4. Tonsil, atau amandel Kalian tau kan letaknya amandel? (mydr.com.au)

Tonsil lebih mudah dikenali di area tenggorokan. Itu adalah bagian tubuh seperti spons di belakang mulut yang agak membengkak, memerah, dan berbintik putih kalo lagi sakit tenggorokan.

Bagian tubuh yang bernama lain amandel ini melindungi kita dari infeksi lewat hidung dan mulut. Tetapi, amandel kita juga bisa kelebihan beban bakteri atau virus.

Nah, tonsil atau amandel ini bisa dibuang kalo menimbulkan masalah pada penyakit kronis atau pernapasan kita.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"